islampos
Media islam generasi baru

Sering Ngantuk Saat Khutbah Jum’at?

Ilustrasi: Daily Motion
0

SETIAP hari Jum’at para kaum Muslimin selalu menjalankan ibadah shalat Jum’at. Itu merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada para pria.

Sebagai umat Islam yang taat dengan aturan Islam, maka Anda harus melaksanakan salah satu kewajiban ini. Walaupun, Anda sedang mencari rezeki untuk kehidupan di dunia. Segala urusan harus Anda tinggalkan, terutama dalam urusan duniawi.

Sering kali kita melihat orang yang mengantuk saat mendengarkan khutbah. Bahkan mungkin, Anda sendiri pernah mengalaminya. Bagaimana caranya agar Anda tidak mengantuk lagi saat mendengarkan khutbah Jum’at?

8 tips berikut ini, mudah-mudahan dapat menjadi cara yang baik untuk menghilangkan rasa ngantuk saat mendengarkan khutbah.

1. Sebelum berangkat sholat Jum’at usahakan mandi junub terlebih dahulu, biar badan segar dan sejuk. Dan karena badan segar dan sejuk, ngantuk pun hilang. Badan segar membuat Anda semangat, apalagi untuk shalat jum’at.

2. Kalau masih mengantuk, maka jangan sarapan terlalu banyak paginya. Karena sarapan terlalu banyak akan membuat Anda mengantuk.

3. Kalau Anda tidak bekerja di hari Jum’at atau bekerja setelah shalat Jum’at, maka tidur dulu sejenak sebelum shalat Jum’at bisa jadi salah satu solusinya.

4. Kalau ketiga cara di atas masih gagal, mungkin salah satu cara yang sedikit ampuh adalah minum kopi sebelum berangkat shalat Jum’at. Kopi bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk membuat kita terjaga dan tidak mengantuk.

5. Datang lebih awal, duduk di depan atau dekat mimbar. Jangan duduk di dekat tiang atau di belakang sambil nyandar tembok.

6. Kalau Anda masih mengantuk geser tempat duduk, atau ganti tempat duduk (kalau masih ada yang kosong). Atau Anda bisa mengambil air wudhu dan berwudhu lagi.

7. Kalau Anda tetap mengantuk, maka bawa catatan dan catat isi khutbah. Hal ini diperbolehkan oleh para ulama. Karena isi khutbah adalah ilmu dan dengan mencatatnya ilmu tersebut telah diikat. Yang tidak diperbolehkan adalah membuat kegiatan yang sia-sia ketika khutbah berlangsung, namun menulis ilmu yang ada pada khutbah itu bukanlah perbuatan yang sia-sia dan salah satu ibadah.

8. Harus punya niat yang kuat bahwa pada saat khutbah nanti ingin benar-benar memahami isi khutbah, mendengarkan ceramah dan tidak akan mengantuk. Tanpa komitmen dari awal, Anda akan mengantuk nantinya. []

Sumber: alatsari/chirpstory

loading...
loading...