ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Masih Takut Miskin karena Sedekah?

Foto: Surabayaonline.co
0

MANUSIA mempunyai sifat kikir dalam dirinya. Inilah yang kemudian menyebabkan manusia enggan meminjamkan hartanya di jalan Allah. Banyak di antara kita yang mempunyai hrta kekayaan yang melimpah namun enggan untuk mensedekahkannya.

Banyak di antara manusia yang telah kaya raya dan enggan untuk menafkahkannya di jalan Allah dengan alasan takut miskin. Inilah pula yang Allah firmankan dalam Al-Quran, “Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum (Melakukan) pembicaraan dengan Rasul? Tetapi jika kamu tidak melakukannya dan Allah telah memberi ampun kepadamu, maka laksanakanlah shalat, dan tunaikanlah zakat serta taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya! Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Mujaadilah 58:13).

BACA JUGA:
Sedekah 5 Ribu, Jadi 5 Juta?
7 Sunnah Harian Rasulullah SAW

Pada umumnya, mereka yang enggan bersedekah dikarenakan takut jika hartanya habis. Padahal itu adalah tipuan setan semata. Setan membuatnya merasa was-was jika hartanya diberikan di jalan Allah maka ia akan miskin.

Padahal kita sama-sama tahu bahwa Allah akan membalas harta yang kita keluarkan di jalan-Nya dengan berlipat ganda. Tapi banyak di antara kita yang tidak mau melaksanakannya. Hanya sedikit orang-orang yang mau menafkahkan hartanya di jalan Allah. Padahal, andai manusia tahu bahwa orang-orang yang berada di dalam kubur kini sedang berteriak ingin kembali ke dunia untuk menafkahkan hartanya di jalan Allah.

Maka, manakah yang akan kita pilih? Menyesal ketika sudah di alam kubur atau menyedekahkan harta di jalan Allah? []

loading...
loading...