ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ada Simbol 212 dalam Komik X-Men, Ini Kata Ilustratornya

Foto: Gizmodo
0 256

JAKARTA—X-Men Gold #1, komik terbaru yang diterbitkan oleh Marvel Comics, ramai diperbincangkan oleh netizen karena keberadaan simbol 212 dan QS 5:51.

Dikutip dari comicbook.com, komik X-Men Gold diterbitkan pada Rabu pekan lalu, dan kemudian berbagai komentar netizen muncul di lini masa media sosial serta portal Reddit menyoal simbol-simbol tersebut.

Ardian Syaf, sang ilustrator komik X-Men Gold asal Tulungagung, Indonesia, itu kemudian menjelaskan alasan kenapa ia menggambar simbol simbol 212 dan Qs 5:51 tersebut.

Seperti dikutip dari Republika, Ardian yang mengaku mengikuti aksi 212 memiliki kesan tersendiri soal aksi besar tersebut. “Saya ikut aksi besar 212, berangkat dari Jawa Timur,” ujarnya, Ahad (9/4/2017).

Komik X-Men Gold itu dikerjakan oleh Ardian sepulang dari Jakarta, dimana muncul simbol 212 yang tergambar di etalase sebuah toko.

“Ketika saya menggambar halaman-halaman yang ada angkanya itu, itu sepulang dari Jakarta,” ujarnya. “212 bener-bener momen yang berkesan bagi saya. Jadi saya masukkan ke situ,” tambahnya.

Foto: Gizmodo

“Nomor tersebut merupakan aksi damai pada 2 Desember 2016 terhadap seorang gubernur yang menodai kitab suci, karena polisi tidak menindak seperti penoda agama lainnya. Ada 7 juta orang dalam aksi itu,” ujar Ardian. Sementara, QS 5:51 merujuk pada surah Quran yang disebutkan dalam kasus tersebut. “Ini kenangan yang sangat spesial untukku,” kata Ardian. Hal inilah yang membuat Ardian kemudian menggambarkan simbol tersebut ke dalam karyanya.

Komik Marvel X-Men Gold edisi pertama itu sendiri kemudian menuai protes dari beberapa pembaca terkait keberadaan simbol 212 dan Qs 5:51. []

Comments
Loading...