Alkohol dan Tembakau, 2 Gaya Hidup Terburuk

0

SEKARANG ini, para dokter masih sangat bergantung pada operasi pembedahaan dan obat-obatan, dan sepertinya tidak banyak di antara mereka yang berusaha untuk mencoba meningkatkankesadaraan pasien mereka akan kebiasaan makanna yang baik, walaupun sudah diterima secara luas bahwa kanker, penyakit jantung, diabetes, dan banyak penyakit lain sehubungan dengan makanan.

Namun, bahkan jika kebiasaan makan anda sangat diperbaiki, itu saja tidak sepenuhnya mencegah anda menderita beberapa penyakit karena selain makanan, ada banyak faktor lain dalam hidup yang dapat menguras enzim pangkal. Selain makanan yang sesuai, anda ingin secara sadar menyingkirkan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya untuk melindungi kesehatan anda.

BACA JUGA: Merokok, Membatalkan Wudhu?

Yang terburuk dari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut adalah alkohol dan tembakau. Alasan terbesar keduanya dianggap terburuk adalah keduanya menyebabkan kecanduan, dan banyak orang yang tidak dapat melewatkan satu hari saja tanpa mengonsumsi minuman keras atau merokok.

Saya dapat langsung mengetahui apakah seseorang adalah perokok hanya dengan melihat wajahnya. Orang yang merokok memiliki warna kulit keabu-abuan yang khas. Kulit anda jadi kelabu jika anda merokok karena selain pembuluh –pembuluh darah kapiler menyempit serta mencegah oksigen dan nutrisi disebarkan ke sel-sel, hasil pembuangan dan pembususkan juga tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Dengan kata lain, perubahaan warna kelabu tersebut adalah akibat racun yang terakumulasi dalam sel-sel kulit.

Jika membicarakan bahaya rokok, biasanya hanya terfokus pada tar yang menumpuk di paru-paru. Namun, satu hal yang juga sama serius dan bahayanya bagi tubuh adalah penyempitan pembuluh kapiler diseluryh tubuh. Jika cairan tidak dapat mengalir, nutrisi yang dibawa dalam cairan tersebut juga tidak dapat mencapai beberapa bagian tubuh. Terlebih lagi, sisa hasil pembuangan, yang seharusnya diekskresikan, tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

BACA JUGA: Dalil yang Mengharamkan Rokok, Adakah?

Sebagai akibatnya, hasil pembuangan menumpuk dan membusuk, serta menghasilkan racun. Warna “kehitaman” yang muncul dikulit memang mudah dilihat, tetapi pada kenyataanya, hal yang sama juga terjadi di dalam tubuh, terutama pada bagian-bagian yang terhubung pada ujung-ujung pembuluh kapiler.

Pembuluh darah orang ynag mengonsumsi alkohol sering menyempit seperti halnya seseorang yang merokok setiap hari. Sebagian orang mengatakan bahwa sedikit alkohol dapat melonggarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Bergantung dari jenis alkohol yang di konsumsi, pembuluh darah hanya dapat melonggar selama sekitar 2-3 jam.

Sesungguhnya, “pelonggaran pembulih darah” ini pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah menyempit, makanan bernutrisi dan hasil pembuangan tidak dapat diserap atau diekskresikan sehingga menyebabkan masalah yang sama seperti yang disebabkan oleh rokok.

Dengan cara ini, alkohol dan tembakau menimbulkan sejumlah besar radikal bebas dalam tubuh. Dan, yang mentralisasi radikal bebas itu adalah zat antioksidan SOD dan enzim-enzim antioksidan seperti katalase, glutation, dan peroksidase. Telah diketahui secara umum bahwa jika anda sering merokok, sejumlah besar vitamin C menjadi hancur karena vitamin C adalah salah satu zat antioksidan.

Enzim antioksidan dalam jumlah besar digunakan untuk menetralisasi radikal bebas. Walaupun adikal bebas juga ditimbulkan oleh berbagai faktor dalam kehidupan sehari-hari yang berada di luar kendali kita seperti gelombang elektromagnetik dan polusi lingkungan. Orang-orang juga secara sengaja masih mengonsumsi hal-hal yang berada dalam kendali mereka, seperti tembakau dan alkohol. Jika radikal bebas dalam jumlah besar dihasilkan, berarti enzim pangkal yang berharga juga terkuas.

BACA JUGA: Cerita Shkodran Mustafi dan Minuman Beralkohol Sponsor Liga

Enzim akan habis jika Anda menggunakannya dengan cepat, sama seperti anda akan sangat capat berutang banyak jika terus menggunakan kartu kredit tanpa pernah membayarnya. Mengikuti menu makanan yang baik dan menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sama halnya dengan menabung secara teratur.

Jika setiap hari terus membelanjakan uang dalam jumlah besar, Anda akan menimbun utang yang mengerikan. Pada akhirnya para kreditor akan mengejar Anda, dan dunia enzim, ini berarti Anda jatuh sakit. Jika terus membelanjakan uang tanpa menyingkirkan utang, akhirnya Anda akan pailit. Dalam bidang kesehatan, kebangkrutan ini memiliki arti lebih luas daripada kebangkrutan finansial. Hasilnya adalah kematian. []

Sumber: The Miracle of Enzim/Hiromi Shinya, MD/

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline