Rasulullah Tidak Menyukai Perbincangan di Waktu Ini, Mengapa?

0

DIRIWAYATKAN bahwa di akhir hayatnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selepas shalat isya, beliau berdiri seraya berkata, “Aku beritahukan pada malammu ini, bahwa pada ujung seratus tahun sejak malam ini, tidak akan tersisa seorang pun di dunia dari yang hidup.”

Rasulullah pernah menunda shalat isya. Dan ketika telah selesai melaksanakannya, beliau menyampaikan pesannya, “Ketahuilah, orang-orang tidur setelah shalat. Sesungguhnya kalian tetap dalam keadaan shalat selama kalian menunggu shalat yang lain.”

BACA JUGA: Bahayanya Tergilas Waktu Shubuh

Pernah juga Rasulullah menunda shalat isya hingga larut malam. Selepas shalat, beliau berkata kepada yang hadir, “Tunggu sebentar, bergembiralah kalian bahwa di antara nikmat Allah kepada kalian adalah tak seorang pun dari umat manusia yang melakukan shalat pada saat ini, kecuali kalian.”

Mendengar itu, para sahabat pun pulang dengan hati bahagia karena kabar gembira yang disampaikan Rasulullah.

Jarang sekali Rasulullah menyampaikan sabdanya selepas shalat isya. Setelah itu, beliau tidak lagi menyukai perbincangan yang dilakukan di waktu itu, karena beliau tahu jama’ah kelelahan ingin beristirahat.

BACA JUGA: Ini Batas Akhir Shalat Isya

Ketika shalat telah dilaksanakan, beliau diam di tempat untuk memberi kesempatan jama’ah perempuan pulang terlebih dahulu. Ketika mereka sudah terlihat masuk rumah, Rasulullah bangkit diikuti oleh jama’ah laki-laki. []

SUMBER: JALAN SIRAH

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline