ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

5 Tips Aman Ibu Menyusui saat Flu

0

Advertisements

BAYI baru lahir berusia di bawah enam bulan sangat dianjurkan hanya mengonsumsi ASi (Air Susu Ibu). Apapun kondisi ibu, bayi harus menerima mendapatkan ASI karena itu satu-satunya asupan bagi tumbuh kembangnya. Lalu bagaimana jika sang ibu terkena flu, apakah tidak takut bayi tertular ketika menyusui?

Perlu diketahui, bayi yang menyusui saat flu dapat membuatnya memperoleh antibodi dari tubuh ibu untuk melawan flu. Namun jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat,  hal ini bisa meningkatkan risiko bayi terserang flu.

 

Berikut beberapa hal yang bisa ibu menyusui lakukan saat terkena flu:

Istirahat yang cukup

Istirahat cukup penting dilakukan agar cepat pulih. Ibu dapat menyusui sambil berbaring. Selain itu, ibu juga bisa memompa ASI, kemudian meminta bantuan kepada orang terdekat untuk memberikan ASI perah pada Si Kecil. Sehingga ibu bisa mencukupi kebutuhan beristirahat.

BACA JUGA: Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Benarkah Ingkari Takdir?

Cukupi kebutuhan cairan

Minum banyak air putih disarankan agar membantu pemulihan dari penyakit juga agar bayi tidak kekurangan ASI. Untuk mencukupi kebutuhan cairan saat menyusui, ibu bisa minum 2 liter air setiap hari.

Rutin mencuci tangan

Ibu juga harus sering mencuci tangan dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyusui. Selain rutin mencuci tangan, Bunda juga bisa membersihkan payudara dengan sabun dan air hangat sebelum menyusui.

BACA JUGA: Asap Rokok Picu Penyakit Paru-Paru Basah terhadap Bayi

Gunakan masker

Menggunakan masker saat menyusui bermanfaat untuk mengurangi risiko penyebaran virus penyebab penyakit. Usahakan untuk tidak bersin atau batuk di dekat bayi.

Hubungi dokter sebelum mengonsumsi obat flu

Mengonsumsi obat flu selama menyusui perlu lebih hati-hati, karena pertimbangan keamanan obat. Sebaiknya ibu konsultasi dulu ke dokter terlebih dahulu. []

SUMBER: ALODOKTER

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline