ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wapres JK: Kalau Tidak Korupsi, Tidak Perlu Takut Ambil Keputusan

0

Advertisements

JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengingatkan agar para birokrat tidak takut mengambil keputusan. Menurut JK, apabila yang diperbuat benar, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

“Karena kalau menimbulkan ketakutan, lebih bahaya dari korupsi itu sendiri karena tidak mengambil keputusan,” ucap JK dalam diskusi Prospek Ekonomi Indonesia 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

JK menuturkan, kekhawatiran itu membuat pembangunan lambat karena para birokrat selalu mencari pembenaran sebelum mengambil keputusan. Tender-tender pun tak berjalan.

Related Posts
1 of 2

“Sehingga pembangunan akan melambat dan semua minta payung hukum. Tender pun kadang-kadang takut,” ucap JK.

Oleh sebab itu, JK bersyukur adanya revisi salah satu pasal dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang berbunyi ‘tindakan yang melanggar hukum yang memperkaya diri sendiri dan orang lain yang dapat atau merugikan negara’. Mahkamah Konstitusi (MK) pun menghilangkan kata ‘dapat’ dalam pasal itu.

“Itu kata ‘dapat’ luas sekali. Analisa boleh. You tendernya salah, you dapat merugikan negara. Sekarang kata ‘dapat’ sudah dicabut oleh MK. Sehingga kalau orang salah tapi tidak jelas merugikan negara tidak apa-apa. Tidak masuk KPK, mungin masuk adminslistrasi pemerintahan,” kata JK.

“Sehingga yang paling gampang ialah tangkap tangan OTT. Yang besar-besar makin pintar untuk tidak OTT. Transaksinya di luar negeri dan macam-macam,” demikian JK dikutip dari Detik.com. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline