islampos
Media islam generasi baru

TGB: Kekurangan Guru Agama Harusnya Tidak Terjadi, Penuhi

Foto: Republika
0

MATARAM–Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul mengatakan kekurangan jumlah guru agama Islam menjadi tanggung jawab dari Kementerian Agama (Kemenag).

Menurut pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB), kekurangan tersebut semestinya tidak perlu terjadi jika Kemenag mampu menyediakan jumlah guru agama Islam sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah-sekolah umum.

“Harus dipenuhi, itu tupoksi dasar dari Kemenag,” ujar TGB di Mataram, Minggu (9/7/2017).

Kantor Wilayah Kemenag NTB menyebutkan kekurangan jumlah guru agama Islam di NTB berkisar di atas 100 guru. Menurut TGB, angka tersebut seharusnya bisa dipenuhi Kemenag.

“100 (guru) sedikit, penuhilah kan Kemenag banyak anggaran. Itu tugas dasar Kemenag untuk pendidikan, setelah itu baru haji dan umrah,” kata TGB menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan kekurangan jumlah guru pendidikan agama Islam juga terjadi di NTB.

“Ya memang masih kekurangan tapi tidak terlalu banyak untuk NTB,” ujar Jaelani saat ditemui di Kantor Wilayah Kemenag NTB, Jalan Udayana, Mataram, NTB, Jumat (7/7/2017).

Jaelani memperkirakan, jumlah kekurangan guru pendidikan agama Islam di NTB di atas 100 orang. Banyak dari guru pendidikan agama Islam di NTB yang mengajar lebih dari satu tempat akibat kekurangan ini.

Selain guru pendidikan agama Islam, Jaelani menyebutkan, kekurangan lebih banyak terjadi pada sektor pengawas pendidikan agama Islam yang tercatat baru sebanyak 70 tenaga pengawas dari total 4.695 guru di SD, SMP, dan SMA.

Menurut Jaelani, kekurangan jumlah tenaga pengawas pendidikan agama Islam jauh lebih memprihatinkan karena rasio antara tenaga pengawas pendidikan agama Islam dengan guru pendidikan agama Islam di NTB mencapai 1:17, demikian dikutip dari Republika, Minggu (9/7/2017). []

loading...
loading...