ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tak Punya Uang tapi Ingin Sedekah, Jadi …

0

ALLAH Subhanahu wa Ta’ala menyukai hamba-hamba-Nya yang mau mengeluarkan harta di jalan-Nya. Terutama dalam hal membantu saudara semuslim dengan penuh keikhlasan dan keridhoan. Hanya saja, seringkali banyak orang yang mengeluh tidak bias bersedekah. Salah satu alasannya tidak punya uang. Lalu, harus bagaimana?

Diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih dari sahabat Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda, “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.”

Berbuat baiklah dengan semua perbuatan yang disepakati kebaikannya oleh syariat. Bahkan, jika tak mampu berbuat baik karena keterbatasan fisik atau cacat, masih ada peluang sedekah dengan pahala yang agung. Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda, “Ucapan yang baik adalah sedekah,” (Muttafaq alaih).

Jika amalan-amalan dalam dua riwayat ini masih kurang, masih banyak riwayat lain terkait sedekah tanpa mengeluarkan uang. Hal ini sebagaimana, Rasulullah ﷺ bersabda, “Setiap hari ketika matahari terbit; maka mendamaikan dua orang (yang berselisih) dengan adil adalah sedekah, menolong orang lain yang berkendara hingga mengangkatnya di atas punggung kendaraan, atau mengangkatkan barang bawaannya ke atas punggungnya adalah sedekah, setiap langkah perjalananmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah,” (Muttafaq alaih).

Bukankah indah sekali ajaran Islam yang mulia ini? Semua kebaikan kepada sesama bernilai agung di sisi Allah Ta’ala. Semua kebaikan kepada umat manusia disejajarkan pahalanya dengan beribadah ritual kepada Allah Ta’ala.

Kini, masihkah Anda resah tak punya uang untuk sedekah? Tentu tidak bukan! Ingatlah, Allah selalu memberikan keringanan kepada hamba-hamba-Nya yang ingin selalu melaksanakan perintah-Nya. []

loading...
loading...