islampos
Media islam generasi baru

Selama Ramadhan, Relawan Palestina Bagikan Ta’jil di Jalanan

Foto: Sahabat Al-Aqsha
0

PALESTINA– Sekelompok relawan Palestina meluncurkan kampanye tahunan mereka, “Kurma dan Air”. Yakni, memberikan kurma dan air kepada para pengendara di penjuru Tepi Barat palestina sepanjang bulan suci Ramadhan.

Kampanye tersebut telah diluncurkan selama tiga tahun dan ditujukan untuk para pengendara yang berada di jalanan ketika tiba waktu iftar (berbuka puasa).

Mahmoud Abdulmoneim, salah seorang relawan yang bertanggung jawab atas kampanye tersebut, mengatakan pada Quds Press bahwa kampanye itu digagas oleh sekelompok pemuda di kota Sebastia, dekat Nablus terjajah. Para pemuda tersebut ingin menularkan semangat sukarela di Tepi Barat terjajah.

Menurut Abdulmoneim, lokasi tersebut dipilih karena itu merupakan daerah pusat di mana ratusan warga Palestina lewat.

Proses membagikan kurma dan air dimulai tak lama sebelum adzan maghrib, kata Abdulmoneim. Sekitar 15 relawan berpartisipasi dalam kampanye tersebut. Mereka memberikan kurma dan air kepada sekitar 300 pengendara. Sejumlah perusahaan lokal Palestina dan para donatur memberikan kurma kepada para relawan secara cuma-cuma.

Kampanye ini diterima baik oleh masyarakat, bahkan seringkali para pengendara keluar dari mobil mereka untuk turut membantu para relawan membagikan bungkusan iftar, demikian Quds Press mengutip pernyataan Abdulmoneim.

Kampanye ini juga menginspirasi para pemuda Palestina untuk memiliki gagasan lebih banyak lagi, seperti secara sukarela membersihkan dan menghiasi Sebastia untuk merayakan bulan Ramadhan.

Abdulmoneim mengajak warga Palestina agar memanfaatkan bulan Ramadhan untuk memaksimalkan aktivitas sukarela di kalangan warga Palestina dan menguatkan dukungan, serta solidaritas untuk mengatasi sulitnya kondisi hidup warga Palestina yang menderita di bawah penjajahan ‘Israel’.[]

 

loading...
loading...