ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kurma, Makanan Terbaik untuk yang Berpuasa

Serba-serbi Keajaiban Kurma, #RamadhanOnIslampos

0

Oleh: Abduldaem Al-Kaheel

1 – Kurma Adalah Makanan Terbaik Untuk Yang Berpuasa

Kurma mengandung unsur-unsur penting berupa vitamin mineral dan gula yang mudah diserap, dan membantu untuk mengurangi kelaparan dan memberi rasa kenyang dengan cepat, karena itulah Nabi SAW:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ

“Jika salah seorang di antara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan,” (Abu Daud).

Dan Inilah yang banyak direkomendasikan oleh para ilmuwan nutrisi hari ini. Subhanallah!

2 – Kurma Bisa Mengurangi Kelebihan Berat Badan

Setiap biji kurma membantu mengatur dan mengurangi berat badan. Dengan demikian, beberapa peneliti mengatakan bahwa kurma adalah makanan utama untuk pengobatan obesitas! Di sini kita ingat sabda Nabi, saw:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( Muslim).

3 – Penyakit Yang Dapat Disembuhkan oleh Kurma

Para peneliti saat ini menegaskan bahwa kurma adalah makanan yang sempurna untuk pengobatan lebih dari seratus penyakit, termasuk mengobati gangguan usus dan membantu usus untuk memfungsikan tugasnya secara efektif, begitu pula kurma mengandung komonen penting seperti mineral, garam dan vitamin dan mampu memberikan pengaruh terhadap fungsi otak dan blok tubuh yang hilang melalui unsur-unsur makanan, dan yang deimikian mampu menyebabkan stabilitas psikologis pada manusia.

Ini berarti bahwa mengonsumsi kurma setiap hari dan teratur akan memengaruhi kondisi mental membuatnya lebih stabil, dan kami katakan: Subhanallah yang telah memberikan kepada kita makanan ini dan telah disebutkan dalam firman Allah:

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ (٣٤)لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ أَفَلا يَشْكُرُونَ (٣٥)

“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur?,” (Yasin:34-35). [Sumber: Kaheel7]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...