islampos
Media islam generasi baru

Kemerdekaan Palestina Jadi Isu Penting bagi Indonesia-Arab Saudi

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menandatangani nota kesepahaman dengan Indonesia di Istana Bogor. Foto: Antara News
0

BOGOR—Dalam kunjungannya ke Indonesia, Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi berkomitmen kuat dalam hal kemanusiaan. Salah satunya adalah terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Kemerdekaan Palestina merupakan perjuangan. Ini harus terus dilakukan,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, lansir Republika, Rabu (1/3/2017).

Retno menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang sangat konsen dengan penyelesaian berbagai konfik terutama yang berada di kawasan Timur Tengah. Penyelesaian konflik ini pun tidak akan melalui cara kekerasan, tapi dengan cara damai.

Dalam pembincaraan di Istana Kepresidenan, kedua pemimpin yakni Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya bekerjasama dalam memajukan Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Indonesia bakal serius untuk mendorong pentingnya persatuan umat Islam dalam kemasalahatan umat di seluruh dunia.

Menteri Luar Negeri Arab Suaudi Nizar bin Ubaid Madani mengatakan, bidang politik termasuk isu utama yang telah dibicarakan kedua belah pihak adalah persoalan yang masih membayangi negara Palestina. Terkait dengan hal ini Raja Salman akan mencari solusi yang adil dan menyelesaikan permasalahan Palestina secara tepat.

“Kedua pemimpin bersepakan untuk berkoordinasi mengenai pengembangan islam. Salah satunya terkait dengan pentingnya penghormatan atas kedaulatan negara dan tidak ada intervensi negara lain,” paparnya. []

loading...
loading...