ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jangan Lupa Baca Doa Ini ketika Kita Jenguk Orang Sakit

0

Advertisements

MENJENGUK orang sakit merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Bahkan, menjenguk orang sakit dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang mulia. Hukum menjenguk orang sakit adalah sunnah muakkad, atau sebagian ulama mengkategorikan sebagai fardhu kifayah.

Sebagai umat Islam, kita harus punya adab saat menjenguk orang sakit. Jangan sampai tujuan kita menjenguk orang sakit itu berubah menjadi malapetaka bagi penderitanya. Maksudnya, dengan kedatangan kita justru memperparah kondisinya. Lalu, apa saja adab yang harus dilakukan?

BACA JUGA: Setiap Hari Selama 30 Tahun, Petani Ini Selalu Jenguk Orang Sakit

Adab yang harus dilakukan di antaranya mengucap salam, memberi pengertian untuk sabar menerima musibah, mempersingkat kunjungan, menghibur dan menunjukkan rasa empati, serta memberikan doa.

Nah, yang menjadi masalah dalam praktik sehari-hari adalah doa. Saat kita menjenguk orang sakit, kita sering melewatkan poin penting ini -yakni mendoakannya. Atau sebenarnya ingat, tapi tidak tahu lafal doanya.

Memang betul doa bisa diucapkan dalam bahasa apa saja. Akan tetapi, alangkah baiknya kita mendoakan orang sakit sesuai dengan tuntunan yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW. Seperti apa doanya?

Related Posts
1 of 7

BACA JUGA: Hujan Itu Berkah, Bukan Penyebab Sakit

“Ya Allah, Rabb seluruh manusia, sirnakanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah. Engkaulah yang Maha Penyembuh, tiada kesembuhan yang datang dari-Mu, kesembuhan yang tiada menyisakan penyakit.”

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Seyogyanya, saat kita menjenguk orang sakit, sebisa mungkin bacalah doa tersebut, baik ketika datang maupun hendak pamit pulang. Dengan harapan, lewat doa tersebut, Allah menghilangkan penyakit yang diderita dan menggantinya dengan kenikmatan yang lain. []

Sumber: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat? | Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman | Penerbit: Aqwamedika

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline