ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hujan Itu Berkah, Bukan Penyebab Sakit

0

KETIKA musim hujan, beberapa di antara kita ada yang merasakan sakit atau meriang. Namun harus dipahami, tubuh menjadi sakit banyak penyebabnya, salah satunya adalah cuaca dan suhu yang rendah.

Ketika hujan, orang lebih rentan mengalami demam dan flu. Bukan hanya pengaruh cuaca, virus yang dibawa oleh air hujan pun dapat menjadi penyebabnya.

Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, kontak virus lewat tangan dapat menyentuh hidung, mulut atau mata. Akibatnya, penyakit infeksi pun muncul selama berhari-hari.

BACA JUGA: Bersyukur ketika Diturunkan Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis. Yang terpenting ketika datang musim hujan adalah cara kita untuk selalu menjaga kesehatan dimulai dengan memperhatikan asupan makanan hingga jam istirahat.

Namun sebagai muslim, fenomena hujan tidak bisa dilihat dari dampak buruknya saja. Hujan juga memiliki peranan penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia–disebutkan pada beberapa ayat dalam al-Qur’an mengenai informasi penting tentang hujan, kadar dan pengaruh-pengaruhnya.

Dalam al-Quran Surat Az-Zukhruf, Allah memberikan informasi bahwa hujan dinyatakan sebagai air yang diturunkan dalam “ukuran tertentu”.

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS: Az-Zukhruf : 11).

BACA JUGA: Benarkah Hujan Mengugurkan Kewajiban Shalat Berjamaah di Masjid?

Allah telah menurunkan hujan sebagai rahmat di saat diperlukan oleh seluruh makhluk. Allah pula menurunkan hujan agar banyak orang mendapat kegembiraan setelah bertahun-tahun hamper putus asa menunggu. Karena itu, al-Quran menyebut hujan sebagai rahmat dan berkah, bukan musibah.

Jadi kita jangan selalu terjebak dengan dampak buruk hujan bagi kesehatan, karena hujan turun beserta rahmat dari Allah Azza Wajalla. []

 

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend