ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ingin Hapus Dosa, Lakukan Amalan Ini saja

0

ALLAH memerintahkan manusia untuk berbuat kebaikan. Banyak hikmah dibalik amal kebaikan itu. Salah satunya adalah menghapus dosa.

Selain istighfar, ada beberapa amal kebaikan lain yang bisa menghapus dosa dan tentunya bisa dipraktekan oleh muslim. inilah beberapa amal kebaikan tersebut:

Pertama, beriman kepada Allah dan melakukan amal sholeh. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an surat Al Maidah ayat 9:

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Dan, Qur’an surat al Hajj ayat 50:

“Maka, orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia.”

Kedua, sholat. Mengenai ini, Rasulullah pernah bersabda, “Bagaimana menurut kalian, apabila di depan pintu rumah seorang diantara kalian ada sebuah sungai yang setiap harinya dia mandi lima kali di dalamnya, apakah ada kotoran yang tersisa darinya?”

Para sahabat serentak menjawab, “Tidak ada sedikitpun kotoran yang tersisa.”

Rasul pun bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu yang dengannya Allah menghapus kesalahan.” (HR Bukhori Muslim)

Ketiga, berwudhu. Nabi bersabda, “Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan matanya bersama dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir). Apabila dia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya setiap dosa yang telah dilakukan oleh kedua tangannya itu bersamaan dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir). Apabila dia membasuh kedua kakinya maka keluarlah setiap dosa yang telah dijalani oleh kakinya bersamaan dengan air (atau bersamaan dengan tetes air yang terakhir), sehingga dia keluar dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR Muslim)

Keempat, memperbanyak sujud. Hal ini disampaikan Nabi dalam sabdanya, “Perbanyaklah sujud kepada Allah, karena sesungguhnya tidaklah engkau bersujud satu sujud pun melainkan Allah akan mengangkat derajatmu dan menghapus kesalahanmu.” (HR Muslim)

Selain itu puasa, sedekah dan zikir juga bisa jadi amalan penghapus dosa. Maka, muslim hendaknya memperbanyak amalan-amalan tersebut. []

sumber: 40 Pesan NAbi untuk Setiap Muslim/Fahrur Mu’is dan Muhammad Suhadi/Taqiya

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...