Gus Yahya Ikuti Forum Yahudi Terbesar, Ini Kata Media Israel

0

ISRAEL—Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah berpidato dalam ajang AJC Global Forum 2018 di Israel, Ahad (10/6/2018). Dalam pidatonya, Netanyahu mengatakan bahwa acara pertemuan besar Yahudi di Yerusalem Israel dengan negara-negara Arab telah “Melampaui harapannya.”

Netanyahu memperkirakan bahwa acara ini pada akhirnya akan membantu mencapai perdamaian Israel dengan Palestina dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Netanyahu berbicara kepada lebih dari 2.400 delegasi dari 26 negara yang berbeda untuk menghadiri Forum Global Komite Yahudi Amerika – sebuah acara tahunan yang diadakan untuk pertama kalinya dalam 112 tahun sejarah organisasi advokasi di luar Amerika Serikat.

Yang menjadi kontroversi adalah kehadiran Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Nahdlatul Ulama (NU) dari Indonesia. Para panitia acara menyambut baik Gus Yahya dalam sesi pembukaan acara selama empat hari tersebut.

Pihak Israel menyebut NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia yang memiliki 50 juta anggota.

Para pemimpin AJC menggambarkan partisipasi Gus Yahya dalam acara tersebut sebagai kejadian “bersejarah” antara Israel dan Indonesia, negara Muslim terbesar di dunia, namun tidak memiliki hubungan diplomatik. []

SUMBER: HAARETZ

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline