Dituding Ekspor Bahan Kimia ke Suriah, 3 Perusahaan Belgia Segera Diadili

0

BELGIA—Tiga perusahaan Belgia dikabarkan akan masuk pengadilan pada Mei mendatang karena diduga mengekspor bahan kimia ke Suriah. Ekspor kimia Belgia dilaporkan mengandung isopropanol 95 persen atau lebih. Isopropanol adalah zat yang dapat digunakan dalam produksi gas sarin, Memo melaporkan pada Rabu (18/4/2018).

Menurut laporan, bea cukai Belgia telah mengajukan tuntutan ke pengadilan negara itu dengan menuduh tiga perusahaan kecil dan menengah—Danmar Logistics, AAE Chemie dan Bea Cukai Anex yang sekarang sudah tidak beroperasi—telah mengekspor bahan kimia ke Suriah dan Lebanon tanpa memperoleh izin yang diperlukan.

Menteri Keuangan Belgia, Johan Van Overtveldt, mengatakan bahwa kasus terhadap perusahaan akan dimulai di pengadilan pada 15 Mei “Untuk membuka kasus di pelabuhan Antwerp dan berfokus pada masalah produk ilegal yang diekspor antara 2014-2016, meskipun ada sanksi terhadap rezim Bashar Assad. ”

Menurut laporan, Assad menggunakan senjata kimia terhadap penduduk Suriah, yang paling baru di kota Douma pada 7 April, namun rezim Suriah menyangkal tuduhan itu.

Seorang juru bicara untuk otoritas federal Belgia dikutip oleh The Guardian mengatakan bahwa “Pabean telah menetapkan pelanggaran hukum tentang impor, ekspor dan transit barang. Fakta-fakta yang ada adalah subjek investigasi pabean kriminal dan penuntutan dimulai pada akhir Maret di pengadilan pidana.”

Juru bicara itu menambahkan bahwa mereka tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa bahan kimia yang dipermasalahkan telah digunakan dalam produksi senjata. []

SUMBER: MEMO

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline