ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

AS: Rudal Houthi Dipasok Iran

0

AS—Pemerintah AS dikabarkan telah menuduh Iran memasok rudal kepada milisi Syiah Houthi di Yaman. Senada dengan Koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi, AS menyebut rudal yang dipasok Iran ini ditembakkan ke wilayah Saudi pada bulan Juli silam.

Menurut laporan MINA pada Selasa (7/11/2017), Duta Besar AS Nikki Haley telah mendesak PBB  meminta pertanggungjawaban Iran karena telah melanggar dua resolusi Dewan Keamanan PBB.

Haley mengatakan bahwa informasi yang dikeluarkan oleh Arab Saudi menunjukkan rudal yang ditembakkan pada bulan Juli adalah jenis ‘Qiam’ Iran. Haley menyebut rudal ini sebagai “jenis senjata yang belum pernah ada di Yaman sebelum konflik.”

Haley mengatakan bahwa dengan menyediakan senjata kepada pemberontak Houthi, Garda Revolusi Iran telah melanggar dua resolusi PBB mengenai Yaman dan Iran.

Dia mengatakan, sebuah rudal yang ditembak jatuh di Arab Saudi pada hari Sabtu (4/11/2017) “mungkin juga berasal dari Iran.”

Namun rudal tersebut berhasil dicegat di dekat Riyadh. Serangan tersebut diklaim sebagai serangan rudal terjauh yang masuk ke wilayah Saudi. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...