ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lukisan Suasana Haji Tahun 1791 di Kota Makkah Segera Dilelang

0

INGGRIS—Pelelangan Sotheby’s di London dikabarkan akan segera memamerkan aneka barang antik peninggalan sejarah Islam untuk dilelang pada Selasa (14/11/2017) mendatang. Salah satu barang antik yang akan dilelang adalah lukisan langka kota Mekkah yang menggambarkan suasana haji di tahun 1791.

Dilansir dari Al Arabiya (29/10/2017), lukisan tersebut akan dibanderol dengan harga pembukaan sekitar 34 ribu USD atau sekitar Rp 450 juta. Namun tidak dapat menemukan nama dari pelukis lukisan bersejarah tersebut. Selain itu ada juga buku catatan dari Robert Edward Hamilton, perwakilan Inggris yang terkenal dekat dengan Raja Abdulaziz Al Saud, raja pertama Arab Saudi.

Buku catatan tersebut berisikan tulisan-tulisan dirinya saat menjadi perwakilan Inggris di Arab Saudi dan juga ada beberapa tulisan mengenai hubungannya dengan Raja Abdulaziz.

Tidak hanya barang-barang tersebut ada juga beberapa peninggalan Kekhalifahan Utsmani dan beberapa buku-buku kuno Islam yang juga akan dilelang di Sotheby’s London.

Seorang spesialis dari Sotheby’s, Alexandra Roy, menjelaskan bahwa salah satu barang yang cukup diminati adalah permadani beludru sutra besar. Permadani ini yang diperkirakan telah dibuat di kota Istanbul atau kota Bursa, yang saat era Utsmani menjadi pusat tekstil dari kekhalifahan terakhir. Permadani tersebut diperkirakan akan terjual dalam harga sekitar 158 ribu USD atau Rp 2 miliar.

Pelelangan kali memang sengaja banyak menampilkan barang-barang peninggalan Islam karena tema yang diangkat adalah “Merayakan aneka ragam tradisi seni yang berkembang di Spanyol, Afrika Utara, Timur Tengah, Persia dan India dari abad ke-8 hingga ke-19.” []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...