islampos
Media islam generasi baru

Ini 6 Alasan Kenapa Harus Lari Pagi

Foto: Livestrong
0

TAK dapat dipungkiri jika lari adalah olahraga yang paling murah namun kerap dilupakan banyak orang. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, lari—terutama pagi hari—juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

1.Menjaga kesehatan jantung

Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

2.Mempertajam penglihatan

Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan resiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.

3.Membuat tidur lebih nyenyak

Dengan meluangkan waktu untuk berlari, pengidap insomnia berhasil tertidur pada menit ke-17. Sementara bila mereka tidak berlari, mereka baru bisa tidur sekurang-kurangnya pada menit ke-38. Pengidap insomnia ini juga tertidur sejam lebih lama jika mereka berlari.

4.Membakar lemak

Lari pagi hari dapat memberikan manfaat psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk untuk menurunkan berat badat. Menurut pelatih kekuatan dan binaragawan, olahraga pertama di pagi hari sangat efektif untuk membakar lemak.

Jika kita terus berlari rutin pada intensitas yang rendah atau sedang, tubuh akan membakar lemak untuk bahan bakar, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

5.Melegakan pernafasan

Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

6.Membantu menguragi stres

Satu manfaat dari lari pagi lainnya yakni, sebagai penghilang stres yang jangka panjangnya dapat membuat pikiran kita menjadi jauh lebih santai. []

loading...
loading...