ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Turki dan Qatar Serius Atasi Krisis Listrik Gaza

Foto: PIC
0

PALESTINA—Otoritas Energi Palestina dilaporkan telah mengumumkan bahwa bantuan minyak dari Turki telah tiba di Gaza pada Kamis (26/1/2017). Bantuan minyak ini untuk keperluan pembangkit listrik Gaza yang kini tengah mengalami krisis.

Dalam keterangannya, otoritas pembangkit listrik Gaza menyebutkan sebagian bantuan dari Turki berbentuk  dana finansial, PIC melaporkan. Turki berharap dana ini digunakan untuk membeli bahan bakar minyak. Pejabat otoritas listrik Gaza mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintahTurki atas bantuannya selama ini sebagai “kebaikan abadi” dalam kondisi sulit ini.

Saat ini salah satu pembangkit listrik di Gaza sudah aktif kembali dengan BBM yang mencukupi dari sumbangan pemerintah Qatar. Dan kali ini akan ada bantuan BBM tambahan dari pemerintah Turki jika memang diperlukan.

Sebelumnya pemerintah Turki dan Qatar mengumumkan akan memberikan sumbangan dana dan BBM dengan maksud memenuhi kebutuhan listrik Gaza, menyusul krisis listrik selama ini. Pemerintah Turki memutuskan untuk memberikan 15 ribu ton BBM untuk kepentingan listrik Gaza. Sementara Qatar memutuskan memberikan 12 juta dollar untuk pembelian BBM listrik Gaza. []

loading...
loading...