ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Berkah Ramadhan, Peternak Domba Irlandia Raup Banyak Keuntungan

Foto: Agriland
0

IRLANDIA—Bulan suci Ramadhan yang tengah berlangsung tampaknya membawa berkah tersendiri bagi peternak domba. Akibat banyaknya permintaan pasar, walhasil lebih banyak domba muda yang disembelih untuk memenuhi pasar.

Menurut laporan Agriland pada Selasa (30/5/2017), permintaan daging domba yang tinggi telah memberi dampak positif pada harga. Bahkan beberapa pembeli rela membayar 620-630 sen/kg untuk mendapatkan daging domba untuk dikonsumsi.

Permintaan ini menyebabkan peningkatan jumlah domba muda Irlandia yang harus diproses, terutama terlihat selama sepekan terakhir pada 21 Mei.

Angka resmi dari database peternakan domba Departemen Pertanian menunjukkan bahwa sekitar 25.931 domba telah disembelih selama pekan terakhir Mei. Jumlah ini meningkat 4.743 ekor atau 22,4% dibandingkan pekan sebelumnya.

Namun, Departemen Peternakan masih mengkhususkan pasar penjualan daging domba muda. Dan selama minggu yang berakhir 21 Mei, sekitar 17.917 hoggets disembelih di pabrik ekspor domba yang telah disertifikasi halal.

Hal ini membawa peningkatan jumlah domba muda yang telah disembelih untuk tahun ini menjadi 663.228 kepala – lompatan 108.756 kepala atau 16% dibandingkan pada tahun 2016. []

loading...
loading...