islampos
Media islam generasi baru

Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa, Ini Tipsnya

Foto: mavikoceali
0

RASA lemas saat puasa, terutama di hari-hari awal adalah hal yang wajar. Sebab tubuh kita perlu menyesuaikan dengan kebiasaan yang baru. Namun kita juga tak boleh berleha-leha dengan alasan ‘lemas karena puasa.’ Tetap menjaga kesehatan tubuh saat bepuasa amat penting agar ibadah di bulan Ramadhan bisa berjalan dengan lancar dan bisa mendapat banyak berkah.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa? Berikut adalah sedikit tips bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat:

1.Cukup minum saat malam Ramadhan

Berpuasa sebulan penuh biasa menimbulkan haus atau dehidrasi karena setidaknya sehari kita memerlukan air kurang lebih 1,5 liter. Maka, minumlah secukupnya saat sedang sahur dan minumlah agak lagi saat hampir mendekati imsak.

Hindari minum kopi saat sahur karena akan membuat kita cepat merasa haus. Berolahraga ringan selama berpuasa dan aktifitas fisik juga tetap dibutuhkan agar peredaran darah lancar dan tidak mudah letih..

2.Jangan lewatkan Sahur dan Konsumsi Makanan Sehat

Makan sahur sangat penting untuk mengawali puasa anda karena tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan gizi selama kurang lebih 14 jam saat berpuasa. Untuk itu sahur sangat penting bagi anda untuk bisa mendapatkan gizi dan energi yang cukup agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pilihlah menu sahur yang berprotein tinggi dan berserat.

 

3.Jangan tidur setelah sahur dan tidur siang yang cukup

Menurut Dr.H.Ari Fahrial Syam,Sp.PD, tidur setelah sahur dapat mengganggu proses sistem metabolisme tubuh. Sesaat setelah makan, makanan disimpan di dalam lambung dan ketika anda langsung tidur, makanan itu akan berbalik ke atas lagi.

Dan bila ini terjadi, makanan yang baru tiba di lambung akan berbalik kearah kerongkongan dan tentu saja akan ada asam lambung yang terbawa makanan itu sehingga tenggorokan terasa kering, panas dan terkadang bisa merasa mual dan ingin muntah.

Jika memungkinkan, kita bisa menggantinya dengan tidur siang untuk mengembalikan lagi energi. Jangan terlalu lama tidur karena bisa membuat anda merasa tambah lemas. Tidurlah secukupnya saja. Hindari sinar matahari dan panas untuk mencegah dehidrasi.

4.Segera Berbuka Puasa

Jangan menunda untuk berbuka puasa, bersegeralah berbuka puasa seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dianjurkan untuk minum air putih dan makan beberapa biji kurma terlebih dahulu karena kurma dapat memulihkan kadar gula dengan cepat. Hindari terlalu banyak makan saat berbuka puasa, sebab hal itu bisa mengganggu kesehatan dan berdampak merasa kantuk saat akan Shalat Tarawih. Hindari berbuka puasa dengan minum es atau air dingin lainnya, karena bisa menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal. []

Sumber: detikhealth

loading...
loading...