islampos
Media islam generasi baru

Yaman Tetapkan Status Darurat Kolera

Foto: Alaraby
0

YAMAN—Pemerintah daerah Sanaa dilaporkan telah mengumumkan status darurat wabah kolera yang mematikan. Wabah mematikan tersebut menyebar dengan cepat di Sanaa dan telah merenggut lebih dari 115 nyawa, Alaraby melaporkan pada Senin (15/5/2017).

Kementerian kesehatan mengatakan bahwa kasus kolera telah memburuk dan mereka tidak dapat menahan bencana ini. Pemerintah Sanaa juga meluncurkan seruan untuk bantuan dari organisasi kemanusiaan internasional untuk menangani krisis tersebut.

Hafid bin Salem Mohammed, menteri kesehatan Yaman mengatakan bahwa “skala penyakit ini tidak sesuai kapasitas” departemennya, dalam sebuah pernyataan di televisi al-Masira yang dikelola oleh kelompok Houthi.

Akibat konflik antara militant Houthi yang didukung Iran dan mendapat perlawanan dari Saudi, kurang dari separuh fasilitas kesehatan negara tersebut berfungsi dua tahun dalam konflik tersebut.

Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mengatakan pada Ahad (14/5/2017) bahwa wabah kolera telah menewaskan 115 orang dan menyebabkan 8.500 orang sakit antara 27 April dan Sabtu.

Badan bantuan internasional juga memperingatkan situasi kemanusiaan yang dahsyat dan mendesak warga untuk melakukan tindakan pencegahan kebersihan. []

loading...
loading...