islampos
Media islam generasi baru

Ternyata, Imam Masjid di Rusia Ini Lulusan UIN Malang

Foto: RBTH
0

RUSIA—Seorang Imam masjid Kota Kostroma, Rusia dikabarkan telah mengeyam pendidikan di Indonesia. Tepatnya ia berhasil menyelesaikan studi S2 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang).

Tak hanya itu, sang imam yang bernama Tabriz Nurutdinov juga memiliki seorang istri asal Lamongan, Jawa Timur. Selain berperan sebagai imam masjid, Nurutdinov juga menjabat sebagai direktur Organisasi Pengembangan Kebudayaan Islam Kota Kostroma.

Menurut laporan RBTH pada Kamis (11/5/2017), Kota Kostroma yang memiliki penduduk sekitar 300 jiwa baru saja mendirikan sebuah masjid yang megah. Bangunan masjid berlantai tiga ini dapat menampung sekitar 1.000 jemaah. Pada dinding bagian dalam mesjid dihiasi dengan ornamen berwarna cerah.

Selain itu, masjid ini memiliki fasilitas madrasah untuk dewasa dan anak-anak. Menurut informasi yang dilansir situs KBRI Moskow, proses pembangunan mesjid ini telah dimulai sejak tahun 2004, namun sempat tersendat.

Namun, pada pertemuan antara ketua Dewan Mufti Rusia dengan gubernur Kostroma tahun 2012 silam, keduanya sepakat untuk menyelesaikan pembangunan masjid tersebut.

Masjid ini diresmikan oleh Ketua Dewan Mufti Rusia Ravil Gainutdin, Jumat (5/5/2017). Masjid baru tersebut merupakan satu-satunya tempat ibadah umat Islam di Kostroma. Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Darmawan Suparno turut hadir dalam peresmian masjid tersebut untuk mewakili Dubes RI untuk Rusia M. Wahid Supriyadi. []

loading...
loading...