islampos
Media islam generasi baru

Yunani Segera Miliki Masjid Resmi Negara

0

YUNANI—Pembangunan masjid pertama Athena pada abad ini diperkirakan selesai pada akhir April 2017, Worldbulletin melaporkan pada Ahad (15/1/2017).

 

Seperti dilansir surat kabar Kathimerini, masjid pertama di ibukota Yunani ini berlokasi di bekas pangkalan angkatan laut di kawasan pusat kota Votanikos.

 

Parlemen Yunani telah meloloskan RUU yang memberikan lampu hijau pada pembangunan masjid Agustus silam. Pembangunan masjid pertama kali dirintis sejak abad ke-19, namun akibat pendudukan tempat oleh Yunani “patriot,” pembangunan masjid ini terpaksa terhenti.

 

Sebagai penjajah pada saat itu, Yunani patriot menentang pembangunan masjid di negara Ortodoks Yunani. Hingga bertahun-tahun, pemerintah Yunani juga melarang pembangunan masjid dengan alasan tanah itu bukan tempat penampungan untuk tunawisma.

 

Namun, pasca RUU diloloskan pada Agustus silam, konstruksi masjid dimulai kembali pada awal November 2016 setelah polisi menengahi untuk mengakhiri pendudukan dan larangan pembangunan masjid.

 

Masjid yang akan dibangun bertingkat ini hanya dapat menampung hingga 350 jamaah ditambah area parkir dan rekreasi kecil.

 

Menurut Kantor Akuntansi Umum, pembangunan masjid akan menelan biaya hampir 1 juta Euro dan pemerintah Yunani menyatak siap mencakup semua biaya.

 

Dari puluhan masjid yang terletak di ibukota Yunani, namun hanya ada satu di Votanikos ini akan menjadi masjid pertama dengan lisensi resmi dari negara Yunani sejak abad ke-19. []

loading...
loading...