islampos
Media islam generasi baru

Wow, Harga Tanah di Makkah Capai 100 Ribu Dolar AS per Meter

Foto: The Islamic Monthly
0

MAKKAH—Tanah di kawasan Makkah harganya bukan main-main. Menurut Ketua Real Estate Investor di KADIN Makkah Mansour Abu Rayash, menjelaskan mungkin sekarang investor harus harus membayar sekitar 2 juta Real (Saudi real/SR) untuk satu meter persegi tanah di zona tengah di sekitar Makkah pada akhir 2013.

‘’Pada tahun 2013 harga tanah berkisar antara SR 500.000 dan SR 1,5 juta pada tahun 2012. Satu meter persegi di area strategis di Jepang adalah sekitar 100.000 dolar AS, tujuh kali lebih murah dari pada Makkah,’’ kata Mansour lansir Al-Sharqdan Arabia News.

Investasi real estate di Makkah meningkat tajam menjadi 45 persen, di wilayah lain di Saudi Arabia menyumbang 55 persen, Dan mulai tahun 2013 sisanya tersebut akan meningkat menjadi lebih dari 50 persen.

Abu Mansour mengatakan banyak uang digelontorkan masuk ke pasar real estat di Makkah oleh banyak investor dari berbagai daerah termasuk Riyadh, Qasim, serta wilayah lain di provinsi timur dan selatan saudi Arabia.

Adanya pembongkaran proyek perluasan Masjdil Haram juga menjadi penyebab semakin mahalnya harga tanah di Makkah.

Investor banyak berdatangan ke Makkah, bukan kota-kota utama lainnya seperti Riyadh dan Jeddah karena jumlah jamaah umrah dan haji yang sangat besar.

“Kota ini nantinya diharapkan mampu menampung tujuh juta peziarah Umrah dan empat juta jamaah haji tahun sebagai imbas perluasan Tempat Suci, berfungsinya kereta api kereta di kawasan Mashaer dan Makkah yang baru, dan juga selesainya perluasan Jembatan Jamrat,” tutupnya. []

loading...
loading...