ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wahai Calon Penghuni Surga, 99% Rahmat Allah Menanti Anda

Foto: Fatmah/Islampos
0

KITA, manusia dan seluruh makhluk di bumi tanpa terkecuali, sejak zaman Nabi Adam hingga sekarang tak henti-hentinya Allah SWT curahkan rahmat.

Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT telah menciptakan rahmat. Terbagi atas 100 bagian. Di akhirat ada 99, Ia tahan. Di dunia satu bagian, Ia turunkan. Maka dengan satu bagian ini dunia setiap makhluk seluruh alam semesta berkasih sayang saling mencinta. Sehingga seekor kuda ia angkat kakinya. Khawatir dirinya menginjak sang anak semata,” (HR. Abu Laits dari Abu Hurairah).

Bisakah kita membayangkan seberapa besar rahmat Allah SWT? Rasulullah SAW memberikan gambaran cukup jelas. Apabila seluruh rahmat yang Allah SWT berikan di dunia ini kepada seluruh makhluk, mulai dari Nabi Adam hingga kiamat datang maka itu baru 1/100 atau 1% dari keseluruhan rahmat yang Allah SWT miliki.

Rasulullah SAW sengaja memberikan contoh yang sangat ringan dan sederhana. Yaitu bagaimana induk kuda yang dengan rahmat-Nya mengangkat kaki agar sang anak yang masih kecil tidak terinjak oleh kakinya. Itulah salah satu dari rahmat Allah SWT yang turun ke dunia. Kita pun bisa merasakan sendiri berbagai macam rahmat Allah yang selama ini kita terima.

Suatu ketika kita berbuat salah kepada seseorang. Kesalahan yang kita lakukan kepadanya cukup berat sehingga orang tersebut marah besar kepada kita. Pada saat kita datang ke rumahnya untuk meminta maaf, perasaan kita takut sekali sebelum memasuki rumahnya. Kita pun minta maaf atas kesalahan yang kita lakukan tanpa sengaja itu dan siap menerima celaan orang tersebut. Tanpa diduga, tidak seperti yang dibayangkan, orang tersebut menerima permintaan maaf kita dan menyambut kita dengan ramah. “Sudah lupakan saja. Kita mulai hari kita dengan yang lebih baik.” Sambil mempersilahkan kita mencicipi hidangan yang disuguhkan istrinya. Seketika itu lega dan gembiralah hati kita. Itulah sekelumit kecil rahmat yang Allah SWT berikan kepada orang tersebut untuk dibagi kepada kita.

Kalau mendapatkan sekelumit itu saja sudah cukup membahagiakan kita beberapa hari, apakah kiranya kalau kita menerima rahmat-Nya yang beribu bahkan berjuta kali lipat dari itu? Allah SWT sudah menjamin 99% rahmat yang dimiliki-Nya untuk diberikan kepada mereka yang masuk surga. Dan semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang merasakan 99% rahmat Allah SWT di surga-Nya kelak. Aamin. []

Sumber: Hikmah dari Langit/Ust. Yusuf Mansur & Budi Handrianto/Penerbit: Pena Pundi Aksara/2007

loading...
loading...