ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ulama yang Membuat Istrinya Cemburu pada Buku

0

PADA masa Bani Umayyah ada seorang yang memiliki kedudukan tinggi dalam ilmu hadis. Beliau dianugerahi kecerdasan yang tinggi dan kekuatan hafalan yang mengagumkan. Namanya Muhammad bin Muslim bin Ubaidullah bin Shihab. Beliau dikenal dengan sebutan Imam az Zuhri.

Imam Syafi’i berkata, “Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah pengikatnya. Merupakan kandungan bila engkau telah berburu kijang. Lalu kau biarkan ia terlepas di hadapan manusia.”

Seperti itulah pentingnya menulis bagi seorang pencari ilmu. Dengan tulisan maka ilmu dan faedah yang didapatkan akan bisa terikat kuat dalam ingatan. Imam Az Zuhri telah membuktikannya. Beliau adalah orang pertama yang membukukan ilmu hadis atas perintah Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Banyak keutamaan yang beliau miliki. Sebagai orang yang berilmu, beliau bukan saja memuliakan ilmu melainkan juga memuliakan para ahli ilmu.

Imam Az Zuhri pernah bercerita, “Aku pernah datang ke rumah Urwah bin Zubair, di depan pintu aku berhenti hingga akhirnya aku pergi dan tidak jadi masuk, tidaklah aku melakukannya selain untuk memuliakan beliau.”

Imam Az Zuhri juga pernah berkata, “Tidaklah Allah SWT diibadahi dengan sesuatu yang lebih afdhal dibanding dengan ilmu.”

Beliau pun mengatakan, “Para ulama sebelum kita berkata, ‘Berpegang teguh dengan sunnah adalah keselamatan, sedang ilmu dicabut dengan begitu cepatnya. Dengan kemuliaan itu tegaklah agama dan dunia. Dan, dengan hilangnya ilmu, hilang pula agama dan dunia.’”

Saking cintanya pada ilmu, Beliau hampir tidak pernah lepas dari buku. Istrinya pun sampai cemburu.

“Demi Allah, buku-buku ini lebih membuatku cemburu daripada tiga istri madu.” Demikianlah teladan yang diperlihatkan Imam Az -Zuhri. []

Sumber: Kayfa Taqra’ karya Syeikh Muhammad Shalih Al-Munajjid, hal. 8, penerbit Al Wathan, kisahmuslim.com

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...