islampos
Media islam generasi baru

Turki Kembangkan Android Pendeteksi Kanker, HIV dan Hepatitis

foto: AA
0

TURKI—Ilmuwan Turki mengembangkan perangkat lunak yang mampu mendeteksi kanker dan penyakit serius lainnya dengan setetes darah.

Dilansir Daily Sabah, lmuwan Turki di Izmir Tinggi Institut Teknologi (İYTE) telah mengembangkan cara yang lebih terjangkau untuk mendeteksi kanker, HIV dan Hepatitis hanya dengan menggunakan android atau smartphone.

Dengan proyek “BİORGB,” Ümit Hakan Yıldız, Asisten profesor İYTE mengungkapkan, mahasiswa kimia Hakan Berk Aydın dan mahasiswa teknik komputer Cihan Toklucu telah mengembangkan perangkat lunak yang dapat mendeteksi berbagai penyakit berbahaya setelah menerima setetes darah dari pasien.

“Setetes darah ditempatkan pada kertas khusus yang berubah warna berdasarkan penyakit pasien. Kami mengambil foto itu pada smartphone dimana hasilnya diterima dalam format grafik dengan melihat perubahan warna dan kepadatan,” ujar Yıldız.

Para ilmuwan mengatakan perangkat lunak ini dapat mendeteksi flu biasa, berbagai jenis kanker tertentu serta Hepatitis B dan C dengan jauh lebih cepat.

Biasanya diperlukan waktu 24-48 jam untuk mendapatkan hasil tes darah, tetapi melalui inovasi baru ini dapat mempersingkat waktu tunggu tanpa mengambil tabung darah dari pasien.

Yıldız mengatakan, beberapa negara terutama bagi mereka yang banyak menderita penyakit epidemi, telah menunjukkan minat dalam proyek inovatif ini. []

loading...
loading...