ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Turki Beri Bantuan 50 Juta USD untuk Pengungsi Rohingya

0

JENEWA—Duta Besar Turki untuk PBB Jenewa Ali Naci Koru mengatakan kalau jumlah total bantuan kemanusiaan yang telah diberikan oleh Turki untuk pengungsi Muslim Arakan dan juga proyek yang sedang direncanakan akan melebihi USD50 juta

Turki berencana membangun tempat penampungan pengungsi seluas 3 juta meter persegi untuk Muslim Arakan, dua rumah sakit dan 10 pusat kesehatan keluarga, serta menyediakan pasokan makanan segar dan sumur air bersih ke daerah-daerah tersebut, kata Koru.

Koru berbicara tentang hal tersebut dalam konferensi yang diadakan oleh Organisasi Migrasi Internasional (IOM), Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsian (UNHCR) dan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB. Pertemuan itu membahas bantuan kemanusiaan internasional untuk memenuhi kebutuhan Muslim dari Arakan.

Dalam kesempatan yang sama Koru mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Bangladesh karena telah membuka pintu untuk 600.000 orang pengungsi Arakan.

Dia menekankan bahwa masalah Arakan adalah salah satu krisis kemanusiaan yang paling mendesak dan menjadi perhatian dunia. Pihaknya merasa khawatir dengan perkembangan di bagian Utara Arakan.

Turki telah berhubungan dengan pemerintah Bangladesh dan badan-badan PBB sejak awal krisis dalam berkordinasi untuk memenuhi kebutuhan dasar kemanusian para pengungsi yang datang dari Arakan.

Dia menggarisbawahi bahwa krisis Arakan dapat diselesaikan dengan kordinasi dan penanganan yang cepat.

“Turki berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada Muslim Arakan dan berkordinasi intensif dengan pihak berwenang di Bangladesh,”pungkasnya demikian seperti dikutip dari AnadoluAgency.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...