ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Survei: Makin Banyak Gereja Prancis yang Diubah jadi Masjid

Foto: Zerohedge
0

MASJID mulai banyak dibangun di Prancis dalam 30 tahun terakhir. Menurut laporan, kini lebih banyak masjid telah dibangun di Prancis dibandingkan dengan semua gereja Katolik yang dibangun pada abad terakhir, Zerohedge melaporkan pada Ahad (6/8/2017).

Sebagai contoh Gereja Santa Rita yang dulu berdiri sejak abad ke-15 di Paris. Beberapa pekan setelah Pastor Hamel tewas karena dibunuh penjahat, polisi Prancis membersihkan gereja tersebut. Dan sekarang gereja ini rata dan mejadi lahan parkir.

Di Prancis memang ada undang-undang untuk melindungi gereja-gereja tua. Namun kini negara bebas meratakan gereja-gereja bersejarah manapun.

Di sisi lain, lansekap Prancis kini sudah dipenuhi oleh masjid-masjid yang jumlahnya kian bertambah.
“Prancis bukan tempat sembarangan. Sejak abad ke-15, Prancis telah menunjukkan kepribadiannya dengan membangun banyak katedral bersejarah. Tertulis dalam sejarah, gereja-gereja, katedral-katedral dan tempat-tempat suci Kristen lainnya telah memberi makna dan bentuk tersendiri terhadap Prancis,” ungkap jurnalis Prancis Denis Tillinac yang mempromosikan seruan ini dan telah ditandatangani oleh puluhan tokoh Prancis.

Seruan ini dating setelah beberapa pemimpin Islam Prancis meminta agar gereja-gereja yang ditinggalkan diubah menjadi masjid.

Menurut sebuah laporan dari Observatorium Warisan Agama, yang dikutip Senat, Prancis akan kehilangan “5.000 samapi 10.000 bangunan Kristen bersejarah pada tahun 2030.” Setiap tahun, 20 gereja dijual dan dikonversi menjadi masjid di Prancis. []

loading...
loading...