ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Shalat Sunnah Shubuh, Ini Dia Waktunya

0

SHALAT dalam Islam tidak hanya yang wajib saja. Ada berbagai macam jenis shalat lain yang dianjurkan. Dan shalat tersebut kita kenal sebagai shalat sunnah. Nah, salah satu shalat sunnah yang mungkin tidak asing bagi kita ialah shalat sunnah shubuh. Kapan ya waktu pelaksanaannya?

Waktu shalat sunnah shubuh ialah antara terbitnya fajar dengan shalat shubuh. Barangsiapa tidur hingga matahari terbit, ia mengerjakan shalat shubuh ketika bangun, kecuali jika matahari mulai bergeser ke tengah-tengah langit maka kewajiban shalat shubuh menjadi gugur. Mengapa?

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa belum mengerjakan dua rakaat shalat shubuh hingga matahari terbit, hendaklah ia mengerjakannya,” (Diriwayatkan al-Baihaqi dengan sanad yang baik).

Bersebab Rasulullah SAW dan para sahabat pernah tidur di salah satu perang dan baru bangun ketika matahari telah terbit, kemudian mereka pindah sedikit dari lokasi mereka. Rasulullah memerintahkan Bilal mengumandangkan adzan kemudian beliau mengerjakan shalat sunnah shubuh, dan shalat shubuh. (Diriwayatkan al-Bukhari) []

Referensi: Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim/Karya: Abu Bakr Jabir Al-Jazairi/Penerbit: Darul Falah

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...