islampos
Media islam generasi baru

Setiap Peringatan Hari Air Dunia, Palestina Masih Alami Krisis Air

Foto: PIC
0

PALESTINA—Krisis air masih terus dialami warga Palestina di setiap peringatan “Hari Air Dunia,” pada 22 Maret setiap tahunnya. Israel masih tetap melakukan praktik tidak manusiawi terhadap sumber daya Palestina air, terutama di Lembah Yordan.

Menurut laporan PIC pada Senin (3/4/2017), Kelompok dan lembaga-lembaga HAM Palestina yang berafiliasi dengan pemerintah juga terus mengecam dan melakukan banding atas kontrol Israel terhadap eksploitasi sumber daya air Palestina.

Mohamed al-Haroub, seorang petani dari Bazeigh dusun di utara Lembah Yordan, mengatakan kepada PIC tentang penderitaan warga akibat pembatasan Israel terhadap penggunaan air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Haroub juga mengeecam Israel terhadap pengaturan air dan menangkapnya atas tuduhan mengangkut air untuk ternaknya. Para tentara, kata dia, mengaku ada larangan Palestina melaksanakan proyek-proyek infrastruktur air di Lembah Yordan.

Haroub juga mengungkap kesedihannya terhadap pelarangan ternknya mendapatkan air di dekat pemukiman Yahudi, padahal ternaknya biasa minum dari mata air alami di daerah sana. []