Rombongan Umat Pertama yang Masuk Syurga

0

Oleh: Ukhty Laila

 

DARI Abu Hurairah ra, dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Wajah orang-orang gelombang pertama yang masuk syurga adalah seperti rembulan di malam purnama, disana mereka tidak meludah, tidak buang air besar, dan tidak berdahak. Bejana dan sisir mereka adalah emas dan perak, tungku pengharum mereka adalah aluwwah, keringat mereka adalah kesturi, setiap orang dari mereka mempunyai dua istri, yang bagian dalam betis mereka terlihat dari balik dagingnya karena kecantikannya, tidak ada perselisihan dan kebencian di antara mereka, hati mereka adalah hati yang satu, mereka bertasbih kepada Allah pada pagi dan petang hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Telah diperlihatkan kepadaku tiga orang dari umatku yang pertama masuk surga dan tiga orang pertama kali masuk neraka. Tiga orang yang pertama kali masuk surga adalah orang yang mati syahid, hamba sahaya yang kesibukaannya sebagai hamba sahaya dunia tidak melalaikannya untuk menunaikan ketaatan kepada Tuhannya, dan orang miskin yang memiliki anggota keluarga yang banyak namun dia memaksa diri dari dalam hal-hal yang terlarang. Sedangkan tiga orang yang pertama kali masuk neraka adalah pemimpin yang diktator, pemilik kekayaan melimpah yang tidak menunaikan hak Allah dari sebagian hartanya, dan orang miskin yang sombong.” (HR. Ahmad)

Dalam shahih Muslimw, dari hadist Iyadh binw Himar al-Mujasyi’i ra, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda dalam khutbah beliau, “… … … Penghuni syurga ada tiga:

1. Pemimpin yang adil, gemar bersedekah, dan mendapatkan taufik.

2. Seorang laki-laki penyayang yang berhati lembut kepada semua kerabat dan setiap muslim.

3. Laki-laki yang menjaga diri dan memaksa diri dari yang terlarang (tidak meminta-minta) yang memiliki keluarga yang banyak.

Dan penduduk neraka ada lima:

1. Orang yang tidak memiliki akal (yang dapat menghalanginya dari perbuatan haram).

2. Orang-orang yang berada ditengah-tengah kalian hanya sekedar ikut-ikutan, mereka tidak menginginkan keluarga dan harta.

3. Pengkhianat yang tidaklah dia melihat peluang untuk berkhianat sekecil apapun, kecuali dia melakukan penghianatan padanya.

4. Seorang laki-laki yang tidak melewatkan waktu pagi dan petang kecuali dia menipumu pada keluarga dan hartamu, lalu Nabi menyebutkan kikir atau dusta.

5. Dan orang busuk yang gemar berbuat keji. Dan sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian saling rendah hati hingga tidak ada seseorang yang menyombongkan diri atas orang lain dan tidak ada seseorangpun yang berbuat lalim kepada orang lain.” (HR. Muslim)

Semoga kita umat Rasululah Saw termasuk 3 golongan pertama kali masuk surga. Aamiin. Wallahu alam bish showab. []

Kirim RENUNGAN Anda lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word.

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun