islampos
Media islam generasi baru

Ribuan Warga Purwakarta Sambut Ramadan dengan Pawai Petromak

Foto: Institute of Innersource
0

PURWAKARTA–Ribuan warga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memadati jalan raya wilayah perkotaan, mengikuti kegiatan pawai petromak untuk menyambut bulan suci Ramadan pada Kamis (25/5/2017) malam.

“Petromak itu lampu zaman dahulu dan sekarang sudah sulit dicari. Kami ingin petromak dikenang lagi oleh masyarakat dengan menciptakan suasana yang lebih meriah,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Ia mengakui, pawai petromak dalam menyambut Ramadan kali ini merupakan kegiatan baru di Purwakarta. Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya ada kegiatan pawai obor yang digelar di Purwakarta.

Selain itu, dalam kegiatan menyambut Ramadan ini masyarakat tidak hanya membawa petromak. Ada pula yang membawa obor, bedug, marawis, dan alat musik lainnya sembari melantunkan shalawat Nabi.

“Warga membawa bedug berbagai ukuran, karena bedug merupakan bagian dari ekspresi kegembiraan yang di dalamnya mengajak agar manusia bertafakur,” ucap Bupati Purwakarta yang akrab disapa Kang Dedi itu.

Kepala Bidang Humas Diskominfo Kabupaten Purwakarta Hendra Fadly mengatakan pawai lampu petromaks tersebut diikuti para kepala desa, aparat desa, kalangan pesantren, majelis taklim, pelajar dan masyarakat umum. []

Sumber: Galamedia

loading...
loading...