ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Rasulullah Juga Bercanda dengan Anak-anak

Foto: AA
0

KITA ketahui bersama bahwa Rasulullah adalah manusia yang paling mulia di hadapan Allah. Ia memiliki akhlak yang sangat baik dan santun kepada siapapun. Dalam dirinyalah kita temukan suri tauladan yang baik untuk kehidupan kita.

Rasulullah sering mencandai anak-anak, mengusap kepala mereka dan memanggil mereka dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Rasulullah memberikan oleh-oleh pertama kali kepada anak yang paling kecil, terkadang sebagian dari anak-anak itu menaiki Rasulullah.

Di bawah ini adalah dua contoh canda Rasulullah kepada Hasan dan Husain.

Dari Abu Hurairah, beliau berkata,“Bahwa Rasulullah menjulurkan lidahnya kepada Hasan bin Ali, hingga anak itu melihat merahnya lidah beliau lalu tertawa karenanya,” (Hadits riwayat Abu SYaikh dalam Akhlaq an-Nabi wa Adabuhu, lhat as-Silsilah ash-Shahih, N0. 70).

BACA JUGA:
10 Adab Hormati Orang Tua Menurut Rasulullah
Ini Tanda Orang yang Benar-benar Mencintai Rasulullah

Dari Ya’la bin Murrah ia berkata, “Kami keluar bersama Nabi lalu kami diundang untuk makan. Tiba-tiba Husain sedang bermain di jalan, maka Rasulullah segera (menghampirinya) di hadapan banyak orang. Beliau membentangkan kedua tangannya lalu anak itu lari ke sana kemari dan Nabi mencandainya agar tertawa sampai beliau (berhasil) memegangnya lalu beliau letakkan salah satu tangannya di bawah dagu anak tersebut dan yang lain di tengah-tengah kepalanya kemudian Rasulullah menciumnya,” (HR. Bukhari).

Lihatlah bagaimana seorang manusia yang paling mulia bersikap begitu indah kepada anak-anak.

Rasulullah mengajari kita bagaimana seharusnya kita menyayangi anak-anak kita. Sangat dianjurkan bagi kita untuk bercanda dan menyayangi anak-anak. Jadilah sahabat yang baik bagi anak-anak sebagaimana Rasulullah. []

Sumber: 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga/Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid/Darul Haq

loading...
loading...