ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Perlu Diingat, Ini Amalan Sunnah Pada Malam Jum’at

Foto: Abu Umar/Islampos
0

Malam Jumat menjadi malam yang istimewa bagi kaum muslimin. Hal ini disebabkan oleh keutamaan hari Jumat dibanding hari lainnya. Jumat bisa disebut hari raya mingguan umat Islam. Sebagian kaum muslimin bahkan meliburkan diri dari kegiatan duniawi yang dia jalani. Mereka ingin memfokuskan diri untuk beribadah dan menghamba pada Allah SWT.

Simak amalan yang dilakukan pada malam Jumat sepertti dikutip dari Majalah Ummi Online

1. Memperbanyak shalawat

Amalan yang sebaiknya dilakukan pada malam Jumat ialah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Diriwayatkan dari Aws bin Aws, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya hari yang paling mulia bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, di hari itu ditiupkan ruh, dan pada hari itu dilaksanakan siksaan. Karena itu maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku. Sebab shalawat yang kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku. Lalu salah seorang sahabat bertanya : ‘Wahai Rasulullah bagaimana mungkin shalawat yang kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu, padahal engkau telah hancur dimakan bumi?’ Rasulullah SAW menjawab : ‘Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi-Nya.” (HR Ibnu Majah, 1075)

Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari membaca shalawat kepada Nabi, di antaranya:

Mempermudah doa diijabah

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Dijanjikan pahala berlipat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Diangkat derajatnya

Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Dikumpulkan di surga bersama Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Mendapatkan syafaat Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

3.Membaca Surat Al-Kahfi

Seperti yang kita ketahui bersama, membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang sunnah dilakukan pada malam dan hari Jumat. Jika kita membaca surat ini, banyak manfaat yang akan kita dapat, di antaranya :

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim) (Dilansir dari akhlakmuslim(dot)com)

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad)

4.Memperbanyak Doa

Khusus di hari Jumat, Allah memberi waktu yang mustajab untuk berdoa. Karena waktunya dirahasiakan, maka kita disarankan untuk memperbanyak doa sepanjang malam dan selama hari Jumat. Siapa yang tahu jika doa kita yang kesekian ini akan diijabah oleh Allah bukan?

Para pembaca Islampos yang dirahmati oleh Allah SWT, begitu mudahnya Allah memberikan pahala kepada hamba-Nya yang mau berusaha. Semoga kita dikategorikan hamba-Nya yang beriman dan bisa berkumpul bersama di akhirat nanti. Aamiin Allahumma Aamiin.[]

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...