Muridku, dengan Sedekah, Bahagia akan Bertambah

0

 

DIKISAHKAN, seorang Syekh sedang berjalan-jalan bersama muridnya di sebuah taman. Tiba-tiba, keduanya melihat sepasang sepatu lusuh tergeletak di sudut jalan. Setelah mengamati di sekitar tempat tersebut, tak ada seorang pun di sana.

Mereka yakin itu adalah sepatu tukang kebun, yang lagi menyelesaikan pekerjaannya di dalam kebun. Sang murid mempunyai niatan jahil dengan menyembunyikan sepatu tukang kebun tersebut.

BACA JUGA: Wah, karena Sedekah, Bisul Hilang?

Tentu saja usulan tersebut ditolak, sang Guru berkata, “Muridku, tidak pantas kita menghibur diri dengan menertawakan orang kecil. Kamu bisa saja menambah kebahagiaan untuk dirinya. Coba masukkan beberapa lembar uang kertas dalam sepatunya, lalu kamu saksikan bagaimana respon tukang kebun itu.”

Tidak berselang lama, datanglah pekerja kebun itu sambil mengibas-ngibaskan debu dari pakaiannya. Ketika memasukkan kaki dalam sepatu, ia terperanjat. Ada sesuatu di dalamnya. Ternyata itu adalah uang. Ia memutar pandangannya ke segala penjuru, tapi tak ada seorang pun di sana. Lalu, sambil berlutut dan menangis, dia berteriak, seolah-olah bicara kepada Allah, “Aku bersyukur kepada-Mu, ya Allah. Wahai Yang Maha Pemberi Rizki, istriku lagi sakit dan anak-anakku sedang menderita kelaparan. Mereka belum mendapat jatah makanan hari ini. Engkau telah menyelamatkan mereka Ya Allah.”

Related Posts
1 of 34

Sementara di balik semak-semak, sang murid sangat terharu dengan pemandangan yang ia lihat di balik persembunyiannya. Air matanya berurai, antara haru dan senang tiada terkira.
Syekh lalu berujar pelan, “Bukankah sekarang kamu merasakan kebahagiaan yang lebih?”

Muridnya menjawab, “Sekarang aku baru paham makna ajaranmu yang dulu pernah kau ajarkan kepada kami. Saat memberi, kita akan mendapatkan kebahagiaan lebih banyak dari pada ketika kita memperoleh sesuatu.”

BACA JUGA: Jangan Sembarang Sedekah, Bisa Saja Tak Diterima Allah

Kita dapat mengambil arti penting bersedekah. Sebagaimana dituliskan dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 271, “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dengan begitu, marilah bersedekah! Sedekah tidak akan membuat kita kekurangan, melainkan Allah tambahkan lagi nikmat pada kita. []

SUMBER: NUONLINE

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline