ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mengapa Harus Mengucap Basmallah sebelum Memulai Sesuatu?

Foto: ThoughtCo
0 558

ISLAM merupakan ajaran yang sempurna. Tidak ada satu pun kegiatan manusia yang tidak diatur dalam Islam. Mulai dari makan dan minum sampai pada urusan politi. Semuanya Islam atur. Bahkan untuk memulai suatu pekerjaan pun kita disunnahkan untuk membaca basmallah.

Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya, mengapa harus memulai dengan basmallah?

Perlu kita ketahui, mengucap basmallah atau bismillahirrahmanirrahim, berarti kita telah mengalihkan kemampuan yang ada pada kita kepada kemampuan Allah. Ketika kita mengucapkan itu, Allah mendampingi kita, memberi kemudahan atas apa yang sukar bagi kita.

BACA JUGA:
Ini Etika Hubungan Menurut Islam
Surah At-Taubah Tanpa Basmalah, Ini Dia Alasannya

Allah akan senantias membantu apa yang kita tidak mampu melakukannya, dan Allah memberi berkah dari setiap usaha yang kita awali dengan basmallah.

Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah. Dan semua itu untuk manusia. Misalnya tumbuh-tumbuhan. Tidakkah selama ini kita berpikir jika setiap kita ingin menanam, menyiapkan tanah, benih, ditabur dan diberi pupuk, semua proses didahului dengan bismillahirrahmanirrahim akan mendapatkan kemudahan dari Allah? Bahkan tak hanya kemudahan tapi juga bisa mendapatkan pertolongan dan keberkahan.

Sabda Rasulullah SAW, “Semua perkara besar yang tidak didahului dengan “Bismillah”, dia akan terputus (tidak mendapat berkah). []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof.Dr.M. Mutawalli Asy-Sya’rawi

Comments
Loading...