ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Membaca Bismillah Setan Mengecil? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

0

Advertisements

USTAZ Abdul Somad atau sering disapa UAS, menjelaskan soal benarkah setan mengecil jika kita membaca bismillah dalam setiap melakukan sesuatu.

Menurut UAS, memang ada hadits yang berbunyi seperti itu, namun dalam memahami hadits harus dilihat kronologisnya.

BACA JUGA: Inilah Perbedaan Jin, Iblis dan Setan

“Tunggangan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tergelincir, maka aku katakan: ‘Celaka setan.’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Janganlah engkau mengucapkan ‘celakalah setan.’ Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: ‘dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia.’ Jika engkau mengucapkan bismillah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.’”(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani).

UAS mengatakan, ketika kita membaca bismillah, setan memang menjadi kecil, dan kita menjadi besar. Namun hal ini bukan terjadi pada fisiknya, melainkan pada mental kita sebagai muslim.

Dengan mengucapkan bismillah (dengan menyebut nama Allah) maka tidak ada satu pun yang bisa menimbulkan keburukan kepada kita di bumi maupun di langit.

BACA JUGA: Takut pada Setan?

Sehingga hal ini membuat setan menciut. Dia takut mendengar kebesaran Allah subhanallahu wata’ala.

UAS melanjutkan, bismillah bisa merubah semua rutinitas menjadi ibadah karena kita melibatkan Allah Azza Wa Jalla di dalam setiap aktifitas. []

SUMBER: YOUTUBE/NUSSA

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline