ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah Perbedaan Jin, Iblis dan Setan

0

Advertisements

 

TIGA dari banyaknya makhluk ciptaan Allah adalah Jin, setan, dan iblis. Berbeda dengan manusia yang tinggal di bumi, ketiga makhluk ini tinggal di alam ghaib, alam tak kasat mata. Lalu apa perbedaaan dari ketiga makhluk tersebut?

Jin adalah makhluk yang hidup di alam tersendiri yang bukan alam manusia dan bukan pula alam malaikat. Jin bisa melihat manusia tetapi manusia tidak dapat melihat jin (dalam wujud aslinya) kecuali Nabi.

Allah berfirman:

“Sesungguhnya ia dan kawan-kawannya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (Qs. Al-A’raf: 27).

BACA JUGA: Begini Tipu-tipu Jin dalam Sesatkan Manusia

Selain itu, Jin merupakan ciptakan Allah yang bahannya adalah api.

Allah berfirman:

“Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (Qs. Al-Hijr: 27).

Sedangkan setan ialah jin yang durhaka. Dia durhaka dan memberontak kepada perintah Allah Ta’ala. Dan Iblis adalah biangnya syetan.

Ada kebungan soal apakah iblis ini nenek moyang jin?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan bahwa: “Iblis merupakan cikal bakal jin.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah jid. IV).

Allah Ta’ala berfirman:

“Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Rabbnya.” (Qs. Al-Kahfi: 50).

BACA JUGA: Takut pada Setan?

Seperti kita tahu, istilah setan juga kadang disebutkan untuk memberikan sifat kepada manusia dan jin yang durhaka dan suka mengganggu manusia lain.

Allah berfirman:

“Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (Qs. An-Nas: 4-6). []

SUMBER: BUKHARI.OR.ID

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline