islampos
Media islam generasi baru

Manfaatkanlah Waktu Belajarmu

Foto: Wallpaperscraft
0

Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman
ahmad.yusuf.abdurrohman@gmail.com

SAAT seseorang mengikuti kegiatan belajar mengajar hendaknya ia memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya. Karena sudah kita ketahui bersama bahwasanya waktu yang telah berlalu tidaklah mungkin akan kembali lagi. Waktu yang telah pergi hanyalah bisa menjadi kenangan dan bahan pembelajaran agar tidak menyiakan waktu yang dimiliki. Seberapapun itu.

Mungkin, suatu saat kita pernah merasakan bahwasanya banyak sekali waktu saat belajar yang hilang sia-sia. Tak banyak kesungguhan yang dilakukan bahkan seeingkali kita tak fokus dalam belajar; memikirkan sesuatu yang tak begitu penting dan menghabiskan waktu belajar.
Atau kita terlalu bersemangat hingga malah terjadi debat dan perselisihan yang seharusnya tidak diperlukan.

Ketahuilah, Kawan. Bahwasanya waktu belajar kita harus bermanfaat dan jangan tersia sedikitpun. Jika rasa malas dan rintangan-rintangan yang lain datang, cobalah bayangkan apa yang akan kita lakukan di masa depan jika ilmu yang kita tuntut hari ini tidaklah sempurna.

Cobalah lihat buku-buku milik kita yang belum terbaca, cobalah ingat berapa banyak ilmu yang masih belum kita ketahui.

Jadi, sebagai seorang penuntut ilmu kita harus berusaha mempergunakan waktu belajar kita dengan sebaik-baiknya.

Khalifah Harun Ar Rasyid pernah berpesan pada pendidik anaknya,

“Walaa tamuuronna bika sa’atun illa wa anta mughtanimun faaidatan tufiiduha iyyahu.
Janganlah lewat darimu satu waktu pun, kecuali dikau memperoleh manfaat yang bermanfaat baginya.”

(Muqadimah Ibnu Khaldun: 3/1253)

Kawan, janganlah ada waktu yang tersia dari hidupmu. Waktu-waktu yang terlewat, tak akan mungkin bisa kembali lagi. Semuanya akan usai dan terlewat. Tak akan ada pengulangan waktu lagi untuk selamanya.

Jika ada sedikit saja waktu luang saat belajar yang kaumiliki, pergunakanlah ia dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ia terlewat, kecuali dirimu bisa mendapatkan manfaat darinya.

Manfaatkanlah waktumu belajarmu, Kawan. []

Kirim OPINI Anda lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak 2 halaman MS Word. Sertakan biodata singkat dan foto diri. 

loading...
loading...