ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lima Cara Hindari Rasa Ragu

0

Advertisements

SETIAP manusia pasti pernah berada dalam keraguan. Baik dalam hal ibadah, menentukan calon pendamping hidup, memilih makanan dan masih banyak lagi. Bila hal itu datang melanda diri kita, kita harus bisa mengtasi hal tersebut. Jangan sampai kita terlarut dalam keraguan itu, yang akan membuat kita lupa dengan hal lainnya.

Bagi Anda ingin menghilangkan keraguan dalam diri Anda, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

Pahami keputusan yang hendak Anda buat

Lakukan telaah atas langkah yang akan Anda buat, bandingkan dengan alternatif keputusan lain. Dengan memahami keputusan yang akan Anda buat termasuk mempertimbangkan efek-efek yang mungkin terjadi akan mengurangi keraguan Anda.

BACA JUGA: Jangan Ragu untuk Hijrah Menuju Lingkungan Baik

Buat skala prioritas

Anda membuat daftar urutan tindakan yang harus Anda ambil, identifikasi mana yang paling mendesak dan mana yang menempati urutan berikutnya juga akan membantu mengurangi keraguan Anda sekaligus menghindari Anda menyesal di kemudian hari.

Pelihara prasangka baik

Ya, keraguan juga salah satu sebabnya karena Anda tidak percaya, Anda berprasangka bahwa Anda akan salah mengambil keputusan.

Bagaimana Anda memelihara prasangka baik? Sadarilah bahwa setiap kejadian pasti sesuai rencana Allah SWT. Kita ini hanya lakon yang menjalaninya dan tentu saja tiap kejadian pastilah atas ijin-Nya.

Punya penasehat

Memiliki seorang penasehat tentunya akan membuat diri Anda melihat lebih banyak sudut pandang dalam menghadapi setiap permasalahan. Oleh karena itu, sebelum Anda mengambil keputusan final, sebaiknya Anda meminta pendapat dari orang-orang terdekat Anda, baik itu keluarga ataupun sahabat dekat Anda yang pastinya mendukung Anda untuk menjadi orang yang sukses.

BACA JUGA: Jangan Ragu Tuk Berubah

Jangan takut

Menjadi orang yang penakut hanya akan membuat diri Anda menjadi ragu dalam setiap mengambil keputusan. Daripada Anda hanya mengkhawatirkan beberapa hal yang belum pernah terjadi, sebaiknya Anda memikirkan hal-hal yang jauh lebih positif agar Anda lebih memiliki semangat yang tinggi dalam mengatasi hal ini. []

Artikel Terkait :

Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend