Keutamaan dan Fadilah Membaca Al-Quran

0

MEMBACA Al-Quran bagi setiap Muslim merupakan kebutuhan yang tak dapat dihindari. Quran sudah disebutkan menjadi pedoman hidup setiap Muslim. Untuk itu, membacanya menjadi ibadah tersendiri.

Berikut ini beberapa fadhilah atau keutamaan melaksanakan, membaca dan membaguskan suara ketika membacanya.

Fadhilah Orang yang Melaksanakan Ajaran Al-Quran.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu `anhu dari Nabi shallallahu `alaihi wasallam , ia bersabda : “Tidak dibenarkan iri hati kecuali kepada dua orang; seorang lelaki yang dikaruniai Allah hapalan Al Qur’an maka ia membacanya sepanjang malam dan siang, dan seorang lelaki yang diberi Allah harta lalu ia menginfakkannya sepanjang malam dan siang”. (HR. Muttafaq ’alaih)

Fadhilah Membaguskan Suara Saat Membaca Al Quran .

Dari Abu Huraira r.a, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda : “Allah tidak mendengar sesuatu seperti Ia mendengar seorang nabi yang bersuara bagus melantunkan Al Qur’an dengan nyaring”. (HR. Muttafaq’alaih)

Related Posts
1 of 19

Fadhilah Surat Al Fatihah.

Dari Raafi’ bin Al Mu’ala r.a, ia berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau mengatakan “Aku mengajarimu surat yang paling agung dalam Al Qur’an”, ia bersabda, ini adalah tujuh ayat yang Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”, (HR. Bukhari)

Wasiat Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam. Dari Thalhah , ia berkata : ” aku bertanya kepada Abdullah bin Abi Aufa, “apakah ada Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam berwasiat ? dia berkata : “tidak”. Aku berkata,” bagaimana mungkin orang – orang diwajibkan berwasiat, sedangkan beliau tidak berwasiat ? dia berkata ,” beliau berwasiat dengan kitabullah”. (HR. Muttafaq‘alaih)

Fadhilah Membaca Al Quran.

Dari Abu Umamah r.a , ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena di hari kiamat ia datang memberi syafaat pada orang yang membacanya. Bacalah Az Zahrawain, yaitu; surat Al-Baqarah dan Ali Imran, nanti di hari kiamat kedua surat tersebut datang bagaikan dua gumpalan awan, atau bagaikan dua rombongan burung yang terbang membentangkan sayapnya , membela orang yang selalu membacanya, bacalah surat al Baqarah, karena membacanya membawa keberkahan, dan meninggalkannya adalah penyesalan, dan tukang sihir tidak mampu menyihir orang yang membacanya”. [HR. Muslim.]

Dari Abu Hurairah r.a , ia berkata : “Rasulullah shallallahu`alaihi wasallam bersabda, “ Sukakah salah seorang kamu apabila kembali ke rumahnya mendapati tiga ekor unta gemuk besar yang sedang hamil ? kami berkata: tentu. Beliau bersabda,” sesungguhnya tiga ayat yang yang dibaca saat shalat lebih baik baginya daripada tiga ekor unta gemuk besar yang sedang hamil”. (H.R. Muslim.)

Dari Abdullah bin Amru r.a, dari Nabi SAW, ia bersabda : “Kelak akan dikatakan kepada orang yang mengamalkan Al Qur’an : “Bacalah sambil naik (tangga surga), dan bacalah dengan tartil seperti engkau membacanya dahulu di dunia dengan tartil karena sesungguhnya tempatmu di akhir ayat yang engkau baca”. (HR. Abu Daud dan Tirmizi). []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline