Kekuatan Angkatan Laut Inggris Terancam ‘Melemah’

0

INGGRIS—Pemerintah Inggris dikabarkan telah mendapat kecaman dari berbagai pihak usai menjual kapal induk HMS Ocean ke Brazil.

Pejabat Inggris telah mengumumkan kesepakatan senilai 117 juta USD pada Senin (19/2/2018). Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) mengatakan bahwa HMS Ocean, sebuah kapal amfibi dan kapal pembawa pesawat tempur yang ditugaskan pada akhir tahun 1990-an, akan menjalani modifikasi oleh produsen senjata BAE Systems sebelum diserahkan ke Brasil pada Juni mendatang.

Berita tersebut ternyata tidak disetujui oleh seluruh Anggota Parlemen. Mereka menganggap kesepakatan tersebut hanya akan semakin ‘melemahkan’ kekuatan angkatan laut Inggris.

Luke Pollard, anggota parlemen dari Serikat Buruh mengatakan bahwa kesepakatan ini adalah “Hari buruk” bagi Inggris. Pasalnya Inggris telah kehilangan kapal tempur terbaiknya senilai 26,5 juta USD.

Pollard juga memperingatkan bahwa menjual HMS Ocean akan melemahkan Angkatan Laut Inggris.

“Kita telah kehilangan kekuatan kapal induk pesawat tempur dan kehilangan sepertiga kapal amfibi,” ujar Pollard.

Pollard menambahkan bahwa langkah tersebut juga akan menyebabkan hilangnya pekerjaan di pangkalan angkatan laut Devonport. Pangkalan angkatan laut Devonport merupakan yang terbesar di Eropa Barat dan satu-satunya fasilitas perbaikan dan pengisian bahan bakar nuklir untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Devonport, karena kami harus kehilangan lagi kapal perang lainnya sebagai pertahanan negara. Sekarang kami harus melipatgandakan usaha untuk memastikan bahwa para menteri juga tidak menjual dua kapal perang amfibi yang tersisa yakni HMS Albion dan HMS Bulwark,” tulis Pollard di Twitter. []

SUMBER: PRESSTV

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline