ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kaspersky: Virus Komputer Ganas Targetkan Timur Tengah

Foto hanya ilustrasi.
0

RUSIA—Tim peneliti dari perusahaan anti-virus Kaspersky dikabarkan telah menemukan jenis virus perangkat komputer (malware) baru yang berbahaya. Kaspersky mengklaim telah menemukan malware wiper yang mampu menghancurkan semua data pada komputer yang terinfeksi, Alarabiya melaporkan pada Rabu (8/3/2017).

Menurut laporan, malware wiper yang disebut StoneDrill mirip dengan wiper Shamoon. Sebelumnya pada 2012, malware wiper Shamoon telah menargetkan dan menghancurkan data pada lebih 35 ribu komputer di perusahaan minyak dan gas yang berbasis di Timur Tengah.

Lima tahun berlalu, tim dari Kaspersky telah berhasil mengidentifikasi dua jenis malware wiper baru. Satu wiper menargetkan komputer di Eropa dan satu lagi menargetkan komputer yang berbasis di Timur Tengah.

Tim ini belum bisa menemukan bagaimana malware ini bisa menyebar antar komputer. Namun satu hal yang bisa diketahui adalah malware ini menyuntikkan dirinya ke dalam proses memori dari browser pengguna sebelum mulai merusak file di harddisk. []

loading...
loading...