Indonesia, Negara Pertama yang Miniaturnya Ada di Ukraina

0

Kedutaan Besar RI untuk Ukraina meresmikan Miniatur Indonesia yang lokasinya berada di Ukraine In Miniatur Park, Kiev tepat di Haru Pahlawan tanggal 10 November 2017 lalu. Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi lah yang langsung meresmikan miniatur tersebut.

Yuddy menjelaskan alasan mengapa peresmian itu dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan yaitu karena jasa-jasa pahlawan lah bangsa Indonesia bisa sejajar dengan bangsa lainnya di dunia.

“Karena dengan jasa Pahlawan, kini bangsa Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain, bahkan budaya Indonesia dikenal dunia. Hal inilah yang menjadi pertimbangan soft launching Miniatur Indonesia ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2017,” ujar Yuddy dalam keterangan pers KBRI Ukraina, Sabtu (11/11/2017) seperti dilansir dari Tribun news.

Grand launchingnya sendiri akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2018 mendatang.

“Rencananya, grand launching situs ini akan dilakukan oleh Presiden RI pada April atau Mei 2018 saat berkunjung ke Ukraina,” kata Yuddy.

Selain itu, Yuddy mengungkapkan miniatur tersebut dalam rangka mengenalkan masyarakat Ukraina akan keragaman budaya dan agama di Indonesia. Situs kebudayaan itu terdiri dari Replika Tugu Monas, Candi Borobudur, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta dan Pura Ulun Danu Bali. Warga Ukraina bisa menikmati gambaran keberagaman dan luasnya Indonesia melalui situs tersebut.

“Ukraine in Miniature Park sendiri adalah satu-satunya taman miniatur yang ada di Ukraina yang berdiri pada tahun 2006. Dengan letaknya yang strategis di kota Kyiv dan lahan seluas 2 hektar persegi, tempat ini menjadi tujuan wisata utama di Ukraina,” kata Yuddy.

Yuddy mengatakan bahwa Indonesia adalah negara sahabat pertama yang diberi kesempatan untuk membangun miniatur di Ukraine in Miniature Park.

“Kini di area seluas 8,5 m x 7 m atau sekitar 60 meter persegi, pengunjung obyek wisata tersebut dapat menikmati miniatur Indonesia. Ini adalah salah satu bentuk keberhasilan diplomasi budaya,” kata Yuddy.[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline