ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Gema Tahlil dan Takbir Bentuk Semangat Umat Islam

0

JAKARTA–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tengah berlangsung. Masyarakat Jakarta seakan tegang dibuat menunggu seorang pemimpin baru. Jakarta yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti tenggelam dalam lantunan takbir dan tahlil di sejumlah jalan Ibu Kota.

Seperti itulah yang terasa di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nomor 14, Jl. Al-Habsy, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (19/04/17) menjelang Dzuhur. Tahlil seakan menggema di sepanjang jalan yang ramai lalu lalang kendaraan.

“Laaa,,, ilaa haillallah,,, walaaa ilaa ha illallah,” tahlil tak berhenti dari seorang pria bersorban putih kombinasi hitam.

Tiga perempuan berjilbab putih tampak khusyuk mengikuti komando tahlil.

“Takbir,,, mari kita takbir bersama-sama,” komando pria tersebut.

Komando tersebut berasal dari pos ronda berjarak 5 meter sebelah kanan TPS tersebut. Kelompok berbaju putih tampak khusyuk memantau jalannya pencoblosan, sesakali bibirnya bergetar mengucap takbir.

Salah seorang warga yang enggan disebut namanya menyatakan bahwa kumandang tahlil dilantunkan lantaran memberi semangat buat yang lain.

“Ini kan semangat, untuk ghirah kita sebagai umat muslim,” tutur pria yang enggan disebutkan namanya kepada Islamic News Agency (INA) di sebelah TPS.

Pria berkaos merah tersebut menyatakan bahwa tahlil tersebut juga untuk memberi semangat terhadap orang yang melintasi jalan tersebut.

“Kayak gini (bertahlil, red) kan juga nambah semangat orang yang lewat,” ujarnya sambil mengangkat kedua tangannya.

5 menit setelah itu, dari arah Selatan terlihat rombongan mobil polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu disambut gema takbir para masyarakat yang berada di sekitar jalanan tersebut. []

Reporter: Ali Muhtadin/INA

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...