ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Eratkan Ukhuwah Islamiyah dengan Hal Ini

Foto: timesindonesia.co.id
0

Sahabat, coba kita renungkan yang Allah katakan dalam QS Ali-Imran ayat 103,

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

Berdasarkan ayat tersebut, dapat kita pahami bahwa dengan tegas Allah memerintahkan kita untuk selalu menjalinkan ukhuwah (Persaudaraan Islam). Ketika kita telah memulai ukhuwah, maka hal itu perlu kita pertahankan. Jangan sampai dibiarkan tercerai berai begitu saja.

Untuk mempertahankan ukhuwah tersebut, paling tidak kita harus melakukan hal berikut:

• Berdoa

Berdoa merupakan salah satu cara untuk mengeratkan ukhuwah islamiyah tanpa bisa dilihat oleh orang lain, karena ukhuwah yang dijalinkan hati kita adalah bagian dari cahaya. Dengan berdoa, kita bisa meminta ingin seperti apa ukhuwah kita kepada Allah SWT.

• Sapa dengan Salam

Sapa dengan salam yang sempurna “assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”, karena salam penuh doa dan keberkahan yang dapat mencairkan suasana dan mengakrabkan ruh ukhuwah

• Saling Bertukar Kabar

Apabila ada jarang yang terbentang cukup jauh diantara yang menjalinkan ukhuwah, maka jangan sesekali meremehkan hal yang dapat merekatkan hubungan ini. Cara ini cukup efektif karena di era serba gadget ini dapat dilakukan dengan cepat.

• Saling Menasihati dalam Kebaikan dan Kesabaran

Pada dasarnya, visi dalam menjalinkan ukhuwah adalah untuk saling menasihati dan mengingatkan dalam kebaikan. Bahkan ketika visi ini telah diikrarkan dalam hati, Allah pun akan memudahkan jalannya ukhuwah ini. Wallahu a’lam. []

Sumber: ummionline
Redaktur: Jejeh Nurazizah

loading...
loading...